Bangun Tiga Ruas Jalan, Target Rampung 2025

  • Bagikan
H. Harsin Abdul Rahim
H. Harsin Abdul Rahim

Langkah percepatan pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep). Termasuk salah satunya, penuntasan jalan lingkar Pulau Wawonii. Tahun ini Pemkab Konkep melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) telah mengusulkan peningkatan tiga ruas jalan di Kecamatan Wawonii Tenggara sepanjang 13,2 kilometer.

“Peningkatan tiga ruas jalan ini akan dilakukan melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tenggara. Ini berkat perjuangan Pak Bupati (H. Amrullah). Saat ini kita sudah melakukan verifikasi data berkaitan dengan usulan tiga ruas jalan itu dan alhamdulillah sudah masuk dalam aplikasi,” ujar Kepala Dinas PUTR Konkep, H. Harsin Abdul Rahim, Minggu (5/5).

Ia merinci, tiga ruas jalan yang diusul itu adalah poros Nambo Jaya-Mosolo sepanjang 6 kilometer, Mosolo- Tondongito 4 kilometer dan Tondongito-Kekea sepanjang 3,2 kilometer.

“Harapan kami, pengerjaannya bisa masuk tahap satu, tapi dari Kementerian memasukan jembatan Lamoluo untuk pembangunan pertama. Sementara jembatan Lamoluo sudah terkontrak sejak 2023 akhir. Makanya tiga ruas jalan itu digeser masuk tahap dua. Mungkin salah persepsi,” jelasnya.

Harsin Abdul Rahim menyebut, jika tiga ruas jalan itu teraspal, maka tersisa dua titik lagi yang belum ditingkatkan yakni ruas Kekea-Tekonea dan Tekonea-Munse sepanjang 8 kilometer.

“Mudah-mudahan program IJD ini masih bisa terus berlanjut. 2024 ini kita kembali mengusulkan untuk pembangunan ruas jalan yang masih tersisa. Diharapkan, usulan ini bisa masuk tahap satu di tahun 2025,” pungkas Harsin Abdul Rahim. (b/jib)

  • Bagikan