Gandeng PWI, USN Programkan Literasi Media

  • Bagikan
Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan (enam dari kiri) berpose bersama dengan pengurus PWI Kolaka seusai menerima kunjungan silaturahmi organisasi pers tersebut, Kamis kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Universitas Sembilan­belas November (USN) Kolaka terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ma­hasiswa dan dosen. Salah satu upaya yang dilaku­kan yaitu dengan beker­jasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kolaka dalam hal pengua­tan SDM wartawan, ma­hasiswa dan tenaga dosen di lingkup kampus merah maron tersebut.

Rektor USN Kolaka, Dr. Nur Ihsan mengatakan, program pengembangan SDM antara PWI dengan USN Kolaka bisa dilaksana­kan. Apalagi kata dia, saat ini pihaknya belum pernah melalukan kerjasama den­gan organisasi pers.

"Kami menyambut baik program PWI Kolaka, teru­tama kerjasama publikasi karya tulis ilmiah para dosen, literasi media ke­pada adik-adik mahasiswa serta program pembinaan organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus. Ini merupakan langkah yang visioner dan tepat yang akan menjadi solusi konkret kedepan bagi PWI dan USN," kata Nur Ihsan saat menerima kunjungan silaturahmi PWI Kolaka di ruang kerjanya, Kamis (9/3).

Sementara, Ketua PWI Kolaka, Abdul Saban se­belumnya mengatakan, sebagai organisasi profesi, PWI memiliki kewajiban untuk meningkatkan kapa­sitas wartawan yang kehad­irannya mampu dirasakan langsung oleh masyarakat. "Salah satu langkah pri­oritas yang akan dilakukan PWI dengan USN Kolaka kedepan adalah memban­gun sinergi dalam peliba­tan insan akademik dalam merespon dinamika pem­bangunan daerah melalui penerbitan opini yang ter­publikasi di media masa," jelasnya.

Untuk meningkatkan ka­pasitas insan pers di Bumi Mekongga, kata Saban pihaknya juga akan berpar­tisipasi dalam pembinaan Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik yang ada di USN Kolaka. "Langkah ini dapat memberikan dampak posi­tif terhadap pembentukan karakter kewartawanan bagi mahasiswa yang akan menjadi penerus keberlan­jutan dunia pers di daerah ini," ujar Saban.

Dalam kesempatan tersebut, PWI Kolaka dan USN Kolaka sepakat untuk membuat program literasi media bagi mahasiswa. Nantinya, PWI Kolaka juga turut berpartisipasi untuk berbagi ilmu dan pengala­man kewartawanan bagi mahasiswa jurusan jurnal­istik di kampus tersebut. (fad/b)

  • Bagikan