Wawonii Festival Mancing 2023 Dihelat

  • Bagikan
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya kelautan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya dan mendukung pertumbuhan pariwisata dari sektor tersebut. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggelar Wawonii Festival Mancing 2023 pada tanggal 10-12 Maret mendatang di Pantai Kampa. Ketua Panitia Wawonii Festival Mancing 2023, Mahmud, mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian HUT ke-10 Konkep tahun ini.

"Kegiatan festival mancing ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun. Ini merupakan pelaksanaan kali kedua," kata Mahmud, Minggu (26/2). Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep itu juga menambahkan, selain dalam rangka peringatan HUT ke-10 Konkep dan ajang promosi pariwisata, festival mancing juga sebagai wadah bagi Pemkab untuk memberikan edukasi kepada para nelayan untuk menangkap ikan dengan ramah lingkungan dan menjaga kelestarian ekosistem laut.

"Selain itu, event ini juga bisa digunakan sebagai ajang silaturahmi para angler pencinta mancing se-Sulawesi. Potensi yang kita miliki disektor kelautan ini sangat besar dan melimpah. Akan tetapi jika tidak dijaga, maka ekosistem lautan kita akan rusak dan berakibat pada hilang serta matinya ikan-ikan yang berada di perairan Pulau Wawonii ini. Sehingga eksosistem laut kita ini wajib dijaga, lindungi dan lestarikan," jelasnya. Mahmud menyebut, pendaftaran festival mancing telah dibuka untuk masyarakat umum hingga 5 Maret mendatang. Nantinya para peserta ini akan memerebutkan hadiah dengan total Rp 100 juta.

"Tahun lalu peserta mancing modern itu diikuti 229 peserta dan pemancing lokal 184 peserta. Total hadiahnya cukup besar dan eventnya se-Sulawesi. Kami berharap pesertanya akan jauh lebih banyak," tuturnya.

Mahmud berharap, dengan diadakannya Wawonii Festival Mancing 2023 ini, bisa menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menikmati indahnya laut, pantai, maupun spot-spot wisata lainnya yang ada di Konkep. "Saya mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan kegiatan Wawonii Festival Mancing ini. Sebab kegiatan ini bisa mempromosikan Konkep sebagai daerah yang kaya sumber daya kelautan. Dengan mengembangkan potensi itu, Konkep bisa menjadi daerah maju sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati, yakni Wawonii Bangkit," harapnya. (c/jib)

  • Bagikan