STQH Menguatkan Syiar Islam di Muna

  • Bagikan
Bupati Muna, LM. Rusman Emba saat membuka STQH XXIX tingkat Kabupaten Muna di Desa Wakuru, Kecamatan Tongkuno, Muna, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXIX tingkat Kabupaten Muna tahun 2023 akan berlangsung mulai 26 Februari hingga 5 Maret 2023 di Desa Wakuru Kecamatan Tongkuno. Pembukaan kegiatan tahunan itu dimeriahkan dengan pawai taaruf dari 22 kecamatan Se-Muna.

Bupati Muna, La Ode Rusman Emba mengungkapkan STQH bukan sekadar seremonial tapi diharapkan meningkatkan pemahaman dan mendalami Alquran. Juga media menyiarkan syiar islam. “Ini merupakan kegiatan tahunan yang tentunya semakin menguatkan syiar islam. Ini juga menjadi sesuatu yang paripurna jika kita terus melatih, mempelajari dan terus dikembangkan dalam kehidupan kita,” ungkap LM. Rusman Emba memberikan sambutan saat pembukaan STQH, kemarin.

Turut hadir Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta, Forkopimda serta kepala desa Se-Muna. Ia meminta dewan juri yang telah dilantik, memberikan penilaian yang terbaik. Bupati Muna dua periode ini mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memberangkatkan umrah para peserta pemenang MTQ tingkat provinsi yang sebelumnya telah dijanjikan. “Kemarin kita telah berjanji bahwa yang telah melaksanakan dan memenangkan MTQ di tingkat provinsi akan kita berangkatkan umrah. Rencananya akan kita berangkatan awal April atau sebelum puasa,” paparnya.

Sementara itu, Plh Kepala Kemenag Muna Andi Lompo berharap STQH 2023 dapat meningkatkan islamiah masyarakat serta kerukunan beragama di Muna. “Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama sesuai yang digencarkan saat ini yakni moderasi beragama. Sehingga akan terus terjalin kerukunan baik sesama agama islam maupun islam dengan agama lain,” pungkas Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Muna. (deh/b)

  • Bagikan