Sekda : Unilaki Berkontribusi Tingkatkan IPM Konawe

  • Bagikan

--Rektor Prof.Dr.Hj.Rostin,SE.,MS Pimpin Dies Natalis XXVII Unilaki

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Lakidende (Unilaki), satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Konawe. Unilaki lahir pada 22 Januari 1996. Adalah mendiang Abdul Razak Porosi, Bupati Kabupaten Kendari kala itu, menginisiasi terbentuknya Unilaki. Abdul Razak Porosi ingin masyarakatnya mendapat pelayanan pendidikan tinggi di daerahnya sendiri. 22 Januari 2023, Unilaki berusia 27 tahun.

Rektor Unilaki, Prof.Dr.Hj.Rostin,SE.,MS memimpin perayaan Dies Natalis XXVII tahun 2023 di pelataran kampus Ungu tersebut, Selasa (24/1), kemarin. 27 tahun eksistensi Unilaki, telah banyak melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarya diberbagai bidang pengabdian demi kemajuan Wuta Konawe (Tanah Konawe, red) dan Provinsi Sultra.

Rektor Unilaki, Prof.Rostin mengatakan, Unilaki dihadapkan pada banyak tantangan didepan mata. Salah satunya, menyangkut kesiapan sumber daya manusia (SDM). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi, harus berbanding lurus dengan karakter yang bagus.

Pencapaian positif yang selama ini ditorehkan Unilaki, tak lepas dari kontribusi berbagai pihak. Salah satunya, dukungan dari Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang sangat konsisten mengembangkan SDM di Konawe. Terbukti dalam dua tahun terakhir, Unilaki mendapat bantuan beasiswa dari pemkab Konawe yang diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dikampus yang berada dal naungan Yayasan Lakidende-Razak Porosi tersebut.

"Tahun 2021, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa memberikan bantuan beasiswa sejumlah Rp 125 juta untuk 65 mahasiswa. Tahun 2022, bantuannya naik menjadi Rp 250 juta untuk 100 mahasiswa. Bahkan tahun ini kita sudah akan diberikan lagi beasiswa untuk 700 mahasiswa," papar Prof.Rostin dihadapan Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende-Razak Porosi, Sitti Aminah Razak Porosi, dan Ketua Yayasan Lakidende-Razak Porosi, Sjarif Sajang.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) itu menegaskan, Unilaki kini semakin menunjukkan capaian yang membanggakan. Saat ini, Unilaki menduduki ranking 509 dari sekira 3000-an kampus negeri maupun swasta se-Indonesia. "Saya yakin, soliditas semua stakeholder dan dukungan masyarakat luas, membuat Unilaki akan semakin maju kedepannya," ungkap Prof.Rostin.

Sebelumnya, peringkat Unilaki berada diurutan 527 nasional. Beberapa tahun sebelumnya bahkan, Unilaki pernah berada diurutan 800-an nasional. Tentunya, lanjut Prof Rostin, hal itu membuat dirinya semakin bersemangat dalam berkarya untuk kemajuan Unilaki.
"Perankingan ini juga berkat kegiatan tridarma perguruan tinggi di Unilaki terpublikasi dengan baik. Salah satunya oleh koran Harian Kendari Pos. Terima kasih atas kontribusi Kendari Pos," tutur Rektor Prof.Rostin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, hadirnya Universitas Lakidende (Unilaki) memiliki peran terhadap tingginya grafik Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Konawe.

"IPM Konawe naik menjadi 72,04 persen ditahun 2022. Sebelumnya, hanya 71,48 persen. Ini berkat kontribusi sektor pendidikan, khususnya kampus Unilaki. Meskipun memang selain pendidikan, IPM juga dipengaruhi oleh sektor kesehatan," ujar Sekda Ferdinand Sapan mewakili Bupati Konawe menyampaikan pidato sambutan pada Dies Natalis XXVII Unilaki, kemarin.

Sekda Ferdinand menuturkan, Pemkab Konawe bakal terus mendukung terkait penyelenggaraan pendidikan di Unilaki. Ia juga menyarankan, pada agenda pengabdian kepada masyarakat nantinya, pihak Unilaki menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara tematik di Konawe. Misalnya, pada bidang akuntansi.

"Kami di Pemkab Konawe bisa mengarahkan untuk berkonsentrasi pada wilayah-wilayah tertentu. Sehingga nanti wilayah itu akan kita jadikan lokus KKN. Tentunya, hal itu dengan sendirinya akan sekaligus membentuk karakteristik masyarakat pada lokus KKN tersebut," ujar Sekda Ferdinand.

Di tempat yang sama, Ketua Senat Unilaki, Jabaruddin, SH., MH menerangkan, Unilaki dalam kepemimpinan Rektor Prof.Dr.Hj.Rostin, SE.,MS telah menunjukkan banyak prestasi dan perubahan ke arah positif. Fungsi tridarma perguruan tinggi telah ditunaikan dengan baik.
Mewakili Senat Unilaki, Jabaruddin mengapresiasi kinerja Rektor Prof.Rostin yang telah berupaya semaksimal mungkin memajukan Unilaki dari tahun ke tahun. Unilaki kini mulai diperhitungkan untuk bersaing ditingkat nasional maupun global.

"Senat sangat mendukung Rektor Prof.Rostin. Dalam satu tahun terakhir ini, Prof.Rostin bekerja tanpa pamrih. Saya yakin hal-hal inilah yang akan membuat Prof.Rostin akan selalu dikenang dan mendapatkan ruang tersendiri dihati masyarakat, terkhusus mahasiswa Unilaki," tutur Jabaruddin. (adi/b)

  • Bagikan