Pemkot Bakal Ubah Kota Lama jadi Wisata Sejarah

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat berdiskusi dengan masyarakat Kota Lama terkait penataan kawasan menjadi destinasi wisata sejarah.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kawasan Kota Lama menyimpan beberapa peninggalan sejarah. Di antaranya, sepeti dari Baterai (Benteng) Mata dan Kampung Pecinan. Pemkot Kendari bakal melakukan penataan kawasan tersebut guna menjadi destinasi wisata sejarah.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, kawasan Kota Lama masuk dalam program penataan Teluk Kendari yang direncanakan tahun ini. Dalam menata kawasan tersebut, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekira Rp 3 miliar. “Kawasan Kota Lama mampu menjadi kawasan heritage atau kawasan yang bernilai sejarah tinggi yang dapat dinikmati hingga saat ini,” kata Aswama Tosepu, usai berdiskusi dengan warga Kota Lama di Kantor Lurah Kandai, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya menentukan beberapa titik yang berfungsi sebagai lokasi sejarah dan akan menjadi ruang publik yang dapat dinikmati tanpa menghilangkan identitas asli dari kawasan tersebut. “Kalau misalnya kawasan kota lama itu kawasan Pecinan di Kota Kendari maka ke depan identitas sebagai Pecinan itu harus tetap ada, jangan sampai hilang ditelan bumi, jangan sampai hilang ditelan masa,” ungkapnya.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri RI ini yakin, kehadiran destinasi wisata sejarah ini dapat meningkatkan nilai kawasan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung di Kota Kendari. (ags/b)

  • Bagikan