Resmi Dibuka Ruksamin, Konasara Festival HUT Konut ke 16 Berlangsung Spektakuler

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Pembukaan festival Konasara Hari Ulang Tahun Konawe Utara (HUT Konut) ke 16, berlangsung spektakuler, Jumat (30/12). Ribuan peserta dari berbagai paguyuban kebudayaan tumpah ruah. Peserta yang hadir bukan hanya berasal dari paguyuban kebudayaan asal Sulawesi Tenggara, namun dari Papua, Jawa, dan Maluku turut ikut serta. Turut hadir pula Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (RI), Ali Mochtar Ngabalin dan Anggota Komisi 2 DPR RI, Hugua.

Bupati Konut Ruksamin Konut Ruksamin mengatakan, pergelaran kebudayaan dari berbagai paguyuban sebagai bentuk mengokohkan persatuan dan kesatuan antarsesama. Keberagaman budaya dari berbagai daerah merupakan kekayaan kearifan lokal Indonesia yang mesti dijaga kelestariannya.

“Tak kalah penting yang harus dipahami bersama adalah fondasi utama dalam membangun dan memajukan daerah terletak pada Agama dan Budaya. Akulturasi keduanya sangat fundamental agar tercipta akselerasi maupun konektivitas yang saling terintegrasi,” kata Ruksamin kepada kendaripos.fajar.co.id, Jumat (30/12).

Koordinator Presidium KAHMI Sultra ini menambahkan, Konasara Festival berlangsung selama 4 hari. Tanggal 2 Januari 2023 menjadi puncak perayaan HUT Konut ke 16 dengan mengadakan upacara di tengah laut Pantai Tanjung Taipa.

“ In Shaa Allah hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas yang akan bertindak sebagai Inspektur uacara HUT Konut ke 16 yang digelar tanggal 2 Januari 2023 mendatang. Juga akan hadir Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Konut Abuhaera menyampaikan, rangkaian Konasara Festival 2022 antara lain, pameran pembangun, festival UMKM, festival musik se Sultra, katinting race, karnaval budaya, lomba konten kreator, konasara race back to Taipa, dan lomba bagan hias unik. (ali).

  • Bagikan