Kendari Semakin Terang: Asmawa Resmikan LPJU se-Kota Kendari

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu meresmikan 90 unit Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang tersebar di seluruh Kota Kendari. Tambahan puluhan lampu itu membuat Kendari semakin terang benderang.

Asmawa Tosepu mengungkapkan, pemasangan puluhan LPJU, merupakan bagian dari program Kendari Terang yang digagas bersama DPRD Kota Kendari.

Lanjut dia, terdapat empat fungsi utama pemasangan LPJU tahun ini. Pertama, fungsi penerangan. Asmawa tak menampik jika selama ini masih ada beberapa titik di Kota Kendari yang belum memiliki penerangan. Oleh karena itu, bersama DPRD pihaknya menggagas program Kendari Terang.

"Ciri kota itu ada dua: malam hari terang dan siang hari bersih. Inilah yang mendasari pemerintah menghadirkan program Kendari Terang," ungkap Asmawa.

RESMIKAN: Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (tiga dari kiri) didampingi Sekot Kendari Ridwansyah Taridala (jaket merah) dan Ketua DPRD Subhan (kiri) saat meresmikan LPJU lengan ganda di Kecamatan Kendari Barat. FOTO: Agus Setiawan/Kendari Pos

Kedua, fungsi keamanan. Asmawa yakin jika sebuah wilayah terang pada malam hari maka akan mereduksi potensi gangguan keamanan.

"Tentu kalau sudah terang benderang di malam hari, potensi gangguan kerawanan bisa diminimalisir. Paling tidak, kalau terang benderang potensi gangguan bisa dicegah atau niat (pelaku)-nya bisa diurungkan," jelasnya.

Ketiga, fungsi ekonomi. Menurut Asmawa, penerangan yang baik akan diikuti dengan aktivitas ekonomi di malam hari. Dia memprediksi, pasca pemasangan puluhan LPJU se-Kota Kendari akan diiringi kehadiran pelaku UMKM di sekitar LPJU.

"Saya yakin jika sepanjang jalan sudah terang benderang, pasti aktivitas ekonomi akan tumbuh. Saya yakin besok sudah ada warung dan lapak di pinggir jalan. Tapi saya ingatkan asal jangan mengganggu ketertiban," tegasnya.

Keempat, fungsi dekorasi. Asmawa yakin, kehadiran LPJU akan menambah keindahan Kota Kendari pada malam hari.

"Kami menghadirkan lampu jalan ini supaya Kota Kendari menjadi indah pada malam hari. Saya punya mimpi tahun depan, Teluk Kendari akan kita terangi. Sehingga semakin kelihatan indah pada malam hari," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, La Ode Abdul Manas Salihin mengatakan, pemasangan LPJU tahun ini menelan anggaran sekira Rp 3,9 miliar. Adapun lampu yang dipasang jenis lengan ganda sehingga bisa menerangi dua sisi jalan.

"Tujuan pemasangan lampu ini adalah memberikan penerangan di jalan umum. Sehingga, bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas, kejahatan di malam hari dan menambah estetika Kota Kendari pada malam hari," ungkap La Ode Abdul Manas Salihin.

Mantan Kabag Sumber Daya Alam Setda Kota Kendari ini berharap, kehadiran puluhan LPJU tahun, bisa mendukung mobilitas masyarakat di malam hari. "Insya Allah tahun depan, program ini bisa berlanjut dan menyasar titik-titik di Kota Kendari yang masih kurang penerangannya," imbuhnya. (ags/b)

  • Bagikan