Dinkes Wakatobi Renovasi Eks Puskesmas Jadi Laboratorium

  • Bagikan
Gedung Puskesmas Wangi-wangi yang kini dimanfaatkan sebagai kantor Dinas Koperasi dan UKM akan direnovasi untuk kemudian dimanfaatkan sebagai Laboratorium Kesehatan Daerah. Pengusulannya sedang dilakukan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi akan mengupayakan agar eks gedung Puskesmas Wangi-Wangi segera direnovasi. Pasalnya, selain lapuk dan rusak, gedung yang lokasinya tidak jauh dengan kantor Bupati Wakatobi tersebut diusulkan menjadi Laboratorium Kesehatan Kabupaten.

Kepala Dinkes Wakatobi, Muliaddin, menjelaskan, saat ini eks gedung Puskesmas Wangi-Wangi memang masih digunakan sebagai kantor Dinas Koperasi dan UKM Wakatobi. Usulan rehab gedung tersebut sudah dilakukan dan jika tak ada kendala, bangunan tersebut akan dibenahi tahun 2023 mendatang. "Bangunan lama sudah lapuk dan harus direnovasi. Jadi sebelum dijadikan laboratorum kita benahi dulu bangunannya karena sudah rusak. Insya Allah tahun depan kita lakukan," ujar Muliaddin, Rabu (23/11).

Meski tahun 2023 akan diusulkan lagi menjadi gedung laboratorum kesehatan daerah, namun bangunannya harus diperbaiki terlebih dulu. Jika tahun depan rencana tersebut terealisasi maka usulan untuk dijadikan sebagai laboratorum kesehatan dapat dilakukan 2023 juga. "Kita belum usulkan sekarang karena rencana mau perbaiki dulu gedungnya. Di atas gedung itu sudah lapuk dan sudah banyak yang rusak. Jadi, usulan untuk dijadikan laboratorum tahun 2023 dan kalau disetujui akan direalisakan tahun 2024 mendatang," sambung Muliaddin.

Sayangnya, pihak Dinas Kesehatan belum membeberkan anggaran terkait usulan rehab gedung tersebut. Namun akan mengupayakan usulan tersebut dapat direalisakan tahun 2023 nanti. (c/thy)

  • Bagikan