Rampungkan SPj, DD Tahap III Siap Dicairkan

  • Bagikan
Murtaba Muru

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Anggaran dana desa (DD) tahap III tahun 2022 di Kabupaten Buton, segera dicairkan dalam waktu dekat. Saat ini, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tengah melakukan proses penginputan data-data syarat pencairan. Sesuai regulasi, pencairan DD dilakukan dalam tiga tahap. Pertama sebesar 20 persen, tahap kedua dan ketiga, masing-masing 40 persen. Kepala DPMD Kabupaten Buton, Murtaba Muru, mengatakan, pencairan DD sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), harus berdasarkan realisasi minimal 75 persen dari anggaran tahap sebelumnya.

"Desa-desa lagi urus SPj (surat pertanggungjawaban) yang tahap II. Kita juga sementara penginputan. Kalau rampung, langsung pencairan tahap terakhir ini," ungkap Murtaba Muru, Rabu (2/10) didampingi Sekretarisnya, Rusman Alam. Untuk diketahui DD untuk 83 desa di Buton sebesar kurang lebih Rp 74 miliar pada tahun 2022 ini. 60 persen dari jumlah itu sudah disalurkan dan dikelola oleh desa masing-masing. Melalui kesempatan itu, Murtaba Muru juga menyampaikan, selama tahun 2020 sampai tahun 2022, prioritas penggunaan DD difokuskan dalam rangka menanggulangi wabah Covid-19.

Untuk tahun 2023 mendatang berdasarkan keputusan pemerintah, penggunaan DD akan lebih difokuskan pada pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memerhatikan permasalahan yang masih mengemuka. Mulai dari penanganan stunting, pelaksanaan padat karya tunai desa, pengembangan ekonomi serta penanganan bencana alam dan nonalam yang sesuai kewenangan Pemerintah Desa. (c/lyn)

  • Bagikan