UT Kendari Dorong Alumni Tetap Kembangkan Potensi

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Universitas Terbuka (UT) Kendari kembali menggelar wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister periode II tahun 2022. Periode ini diikuti sebanyak 516 wisudawan/wisudawati yang tersebar di seluruh kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wisuda yang dihadiri Wakil Gubernur Sultra, Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si., dan Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, dilaksanakan di Hotel Azizah Kendari. Periode II tahun ini, UT Kendari menelorkan wisudawan terbaiknya, yakni mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UT, Emayanti Sarli.

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si (lima kanan), Direktur UT Kendari, Drs. Arifin Tahir, M.Pd (enam kiri), Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum UT Kendari, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, SE., M.Si (enam kanan), Walikota Kendari, Asmawa Tosepu (lima kiri), Ketua DPRD Bombana, Ir. Ardi. A, SP., MP., IPM (empat kanan) bersama para wisudawan terbaik UT Kendari Periode II tahun 2022

Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum UT, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, SE., M.Si, mengungkapkan bahwa ke depannya pihaknya akan terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Salah satunya dengan memperluas layanannya. "Kami akan mengaktifkan seluruh stakeholder kita untuk memperluas jaringan layanan kita. Sehingga target nasional UT menuju 1 juta mahasiswa segera terwujud. Dan saat ini mahasiswa kami sudah mencapai angka diatas 412 ribu dan diharapkan akan naik secara terus menerus,"ungkap Prof. Muktiyanto, Selasa (1/11).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus meningkatkan kualitas proses pembelajaran baik berbagai modus dengan tutorial online, tutorial webinar, tutorial tatap muka maupun tugas mandiri dan ditutup dengan ujian. "Ujian kita kita kali ini, diselenggarakan dalam tiga modus yakni ujian tatap muka, ujian online dan ujian take home exam. Dengan tiga modus ini diharapkan semua mahasiswa mengikuti ujian. Dan pada akhirnya mahasiswa bisa lulus tepat waktu dengan IPK terbaik dan dalam waktu singkat terserap di dunia kerja," paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa UT memiliki jaminan mutu yang tidak diragukan lagi karena menggunakan standar internasional. "Selain itu, melakukan praktik yang baik dari asosiasi perguruan tinggi terbuka di asia. Dan standar mutu inilah yang kami pegang selain menyusun standar pendidikan mutu internal. Kemudian, dengan konsep yang kita juga mendapatkan talenta-talenta terbaik di masing-masing regional office kita," jelasnya.

Tempat sama, Direktur UT Kendari, Drs. Arifin Tahir, M.Pd., mengharapkan kepada seluruh wisudawan khususnya wisudawan terbaik untuk terus mengembangkan kompetensinya dan dapat mengaplikasikan ilmu yang dimikili dengan sebaik mungkin di dunia kerja. "Saya berharap, para wisudawan tidak pernah berhenti belajar untuk meningkatkan kualitasnya. Terkhusus untuk wisudawan terbaik, untuk tidak cepat merasa puas dengan apa yang telah di raihnya dan terus mengembangkan kemampuannya dibidang apapun dan tentunya tetap menjaga nama baik almamater kampus," harapnya.

Wisudawan terbaik UT Kendari, Emayanti Sarli mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak UT Kendari atas ilmu yang telah diberikan. Khususnya kepada orang tua dan keluarga yang telah mendukungnya selama ini. "Alhamdulillah, saya menempuh pendidikan dengan tepat waktu yakni 3,5 bulan dengan IPK 3.81. Hal ini dapat saya raih dengan berbagai tips seperti membaca modul, rajin kerja tugas dan rajin rajin bertanya kepada pembimbing dosen. Selain itu, saya berharap, UT Kendari akan terus melahirkan generasi-generasi penerus bangsa," tutup Emayanti. (deh/b)

  • Bagikan