Tahap Seleksi Tuntas, Calon Sekda Sultra Segera Diserahkan ke Gubernur

  • Bagikan
Prof.Dr.Muh.Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.,M.Sc

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Siapa yang bakal menduduki kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra sudah terbaca. Hasil tes penulisan makalah dan wawancara menyisakan tiga nama. Mereka adalah Asrun Lio, Syahrul dan Asnawi Jamaluddin. Satu dari tiga nama itu bakal menjadi Sekda Sultra.

Tiga besar calon Sekda Sultra itu dinyatakan lulus berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Pansel JPTM Sekda Provinsi Sultra Nomor :21/JPTM-SEKDA/X/2022 tanggal 31 Oktober 2022 (hari ini, red)

Sekretaris panitia seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) Sekda Provinsi Sultra Prof.Dr.Muh.Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.,M.Sc mengatakan dengan adanya tiga besar, maka tahapan seleksi calon Sekda Sultra tuntas.

“Tugas kami selaku pansel sudah selesai. Setelah dilakukan tes terakhir yakni tahap wawancara pada 29 Oktober 2022, kini telah melahirkan tiga nama peserta yang dinyatakan lulus tiga besar. Yakni Asrun Lio, Syahrul, dan Asnawi Jamaluddin,” ujar Prof. Zamrun kepada Kendari Pos, Minggu (30/10), kemarin.

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) itu menjelaskan semua tahapan telah dilaksanakan, mulai dari pengumuman pendaftaran, masa pendaftaran dan penerimaan berkas. Lalu, seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi administrasi, penilaian kompetensi atau assesment center, dan pengumuman hasil assesment. Selanjutnya, penulisan makalah, wawancara, dan terakhir pengumuman tiga besar.

Prof. Zamrun menuturkan setelah ditetapkan tiga besar calon Sekda Sultra tersebut, selanjutnya akan diserahkan kepada Gubernur Sultra sebagai user (pengguna,red).

“Lalu akan disampaikan kepada pemerintah pusat sebagai penentu akhir, dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Yang jelas tugas kita di pansel sudah selesai dan telah kita laksanakan seleksi berdasarkan ketentuan yang berlaku dan yang telah disepakati sebelumnya,” imbuh Prof. Zamrun.

Untuk diketahui, ketiga nama yang lulus tiga besar tersebut memiliki latar belakang instansi berbeda. Asrun Lio adalah Kepala Dinas Pendidikan (Dikbud) Sultra. Saat ini mengemban amanah sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sultra. Lalu, Syahrul merupakan pejabat dari Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Asnawi Jamalauddin adalah Sekda Pemkab Buton.

Sekda Sultra definitif lowong pasca ditinggal pensiun Nur Endang Abbas, April lalu. Tugas-tugas Sekda diemban Asrun Lio sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sultra. Asrun Lio yang juga Kepala Dinas Dikbud Sultra mengemban amanah sebagai Sekda Sultra sejak Rabu 6 April 2022. Saat itu statusnya sebagai Pelaksana Harian (Plh). Lalu statusnya "naik kelas" menjadi Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Sultra. (kam/b)

  • Bagikan