Lagi, Satu Nyawa Melayang Akibat DBD

  • Bagikan
DBD


-Fogging Tidak Efektif Basmi Nyamuk

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Meski Kendari telah memasuki musim kemarau, ancaman wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) masih sajamengintai. Tiap hari, jumlah kasus penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti terus bertambah. Pada periode Agustus lalu, ada tambahan 14 kasus. Yang lebih memiriskan, nyawa seorang pasien yang terinfeksi DBD kembali melayang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Elffi mengatakan ada sebanyak 184 kasus DBD selama periode Januari-Agustus tahun 2022 ini. Dari jumlah itu, lima diantaranya meninggal dunia.

"Jadi, ada tambahan satu kasus meninggal. Lagi-lagi, karena terlambatnya penanganan. Masyarakat masih menganggap demam merupakan sakit biasa. Padahal itu adalah salah satu gejala DBD. Kami sarankan warga yang merasa demam segera pemeriksa kesehatan ke puskesmas terdekat. Agar segera dilakukan tindakan," pintanya, Rabu (12/9).

Jika dibandingkan Juli kata dia, kasus DBD periode Agustus mulai menurun. Namun warga tetap harus waspada. Sebab hujan masih saja mengguyur kota Kendari. Genangan air hujan menjadi sarana yang sangat potensial pengembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

"Kami meminta warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Terapkan 3M, rajin menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas (sampah). Perlu diketahui fogging tidak efektif dalam pembasmian nyamuk apa lagi jentik," jelasnya.

Tidak hanya itu, anggota keluarga yang suspek atau terpapar segera dibawa ke Rumah Sakit (RS) untuk mencegah penularan. Sejauh ini, pihaknya terus berupaya mengimbau dan mengedukasi masyarakat tentang bahayanya penyakit DBD. (b/win)

Penderita DBD di Kendari
-Agustus 14 Agustus (1 Kasus Meninggal)
-Juli 15 Kasus (2 Kasus Meninggal)

Penyebab Kematian
-Keterlambatan Ditangani
-Warga Anggap Demam Biasa
-Masa Inkubasi Cepat dan Resiko Kematian Tinggi

Pencegahan
-Galakkan Gerakan 3 M
-Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
-Lakukan Fogging
-Lansung ke Puskesmas Jika Demam

Ciri-Ciri DBD
-Demam Tinggi
-Mual
-Muntah
-Bintik Merah pada Kulit

Sumber Dinas Kesehatan Kota Kendari
Data Diolah Kendari Pos

  • Bagikan