Rektor IAIN Dorong Peningkatan Kualitas SDM

  • Bagikan
Prof. Faizah Binti Awad

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendorong optimalisasi penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kalau program ini maksimal dijalankan, maka bisa menjadi stimulus peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kampus. Endingnya tentu saja bisa mendorong kemajuan daerah.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad mengatakan, optimalisasi penerapan MBKM, telah dilakukan pihak kampus. Tepatnya, melalui Lokakarya Penyelarasan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia. Dalam giat ini, IAIN Kendari menjadi tuan rumah. Ada 163 peserta dari 44 PTKIN se-Indonesia yang ikut dalam pertemuan ini. "Terpilihnya IAIN Kendari sebagai tuan rumah, merupakan rekognisi bagi institusi. Saya pun menekankan kepada seluruh Dekan, Wakil Dekan dan Kaprodi pada Fakultas Syariah dan Hukum yang hadir agar bekerja dengan baik. Sehingga mampu menghasilkan hal bermanfaat bagi Fakultas Syariah dan Hukum ke depannya. Prinsipnya, kita terus mendorong supaya peningkatan kualitas SDM menjadi perhatian," ungkap Prof. Faizah, kemarin.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan itu, dihasilkan dokumen yang siap pakai. Tidak hanya bagi IAIN Kendari, tapi juga bagi seluruh PTKIN se-Indonesia. Kolaborasi dan sinergi dari seluruh PTKIN bakal membantu pemerintah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), ketika kurikulum MBKM ini diimplementasikan. "Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini, menghasilkan output berupa Pedoman Pelaksanaan Kurikulum MBKM Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi aplikasi Layanan Terintegrasi Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) PTKIN melalui https://permatauin. id . Layanan ini merupakan layanan informasi mengenai mata kuliah yang ditawarkan prodi di Fakultas Syariah dan Hukum pada PTKIN se Indonesia," bebernya.

Menjadi tuan rumah kegiatan nasional, memberi banyak manfaat bagi IAIN Kendari. Terlebih dalam momen akhir kegiatan, dilakukan penandatanganan Legalitas Penyelarasan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Syariah IAIN Kendari dengan PTKIN se-Indonesia. "Kami berharap kerja sama ini, akan memberi manfaat untuk seluruh PTKIN. Khususnya bagi IAIN Kendari," pungkasnya. (b/rah)

  • Bagikan