Peserta JPT Bersaing Ujian Makalah

  • Bagikan
Ketua Pansel JTP Pemkab Koltim Andi Muhammad Ikbal (kiri) bersama peserta JTP usai melakukan presentasi makalah di Hotel Horison Kendari, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 65 peserta seleksi jabatan pimpinan (JPT) lingkup Pemkab Kolaka Timur (Koltim) secara bergantian melakukan presentasi makalah di Hotel Horizon Kendari, kemarin. Mereka berebut 12 kursi pimpinan organisasi perangkat daerah yang dilelang secara terbuka.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pemkab Koltim, Andi Muhammad Ikbal, mengatakan seleksi telah masuk tahap persentasi makalah dan wawancara. Sejauh ini, kata dia, sudah sekira 30 peserta yang menjalani tes. "Jadi masih ada lagi 30 peserta yang menunggu giliran untuk melakukan persentasi makalah dan wawancara. Mereka dinilai oleh akademisi UHO dan tokoh masyarakat," ungkap Sekda Koltim itu saat di temui di sela-sela peserta melakukan persentasi makalah.

Setelah menyimak penampilan peserta, menurutnya, kemampuan peserta tak jauh berbeda. Mereka akan bersaing secara ketat untuk mendapatkan JPT. Sebab 12 kursi yang dilelang karena sedang lowong, dilamar oleh 65 pejabat eselon dua.

Ia berharap dengan sistem JPT tiga tahap; seleksi berkas, presentasi, wawancara serta rekam jejak, akan menghasilkan pimpinan OPD yang profesional dan berkualitas. Sehingga bisa membangun Koltim, menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita menjaring pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang profesional dan mampu membangun daerah sesuai visi dan misi sejahtera bersama masyarakat. Kita harapkan secapatnya bisa selesai dan menghasilkan kepala dinas yang kompetitif," jelasnya, Minggu (17/7).

Sementara itu, Peserta JPT, Faisal, mengaku telah selesai melakukan presentasi makalah. Ia melamar kursi pimpinan Dinas Pemuda dan Olahraga Koltim untuk pilihan pertama. Faisal mengaku tak tahu jumlah pasti, peserta yang melamar jabatan itu.

Yang jelas, saat presentasi, ia mengklaim, mendapat apresiasi karena menguasai kerja-kerja lembaga yang dilamarnya. Misalnya, organisasi kepemudaan, cabang olahraga dan lainnya. (kus/b)

  • Bagikan