IAIN Kendari Wisuda 319 Sarjana dan Magister

  • Bagikan
Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd (kiri) memindahkan tali toga wisudawati dalam wisuda IX Program Sarjana dan Magister, di Claro Hotel Kendari, Rabu (13/7), kemarin.


Rektor Titip Pesan Moderasi Beragama dan Antiradikalisme

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mewisuda 319 sarjana (S1) dan magister (S2) dalam sidang senat terbuka IX. Phinisi Room Claro Hotel menjadi saksi bisu tatkala Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd memindahkan tali toga ratusan sarjana dan pascasarjana itu, Rabu (13/7), kemarin.

Rektor IAIN Kendari Prof. Faizah Binti Awad menitipkan pesan moderasi beragama dan antiradikalisme kepada para wisudawan/wisudawati yang kini menyandang status alumni. Orang nomor satu di IAIN Kendari itu mengatakan alumni IAIN harus mampu menjadi duta Islam Wasathiyah di masyarakat yang menghargai dan menerima perbedaan, sebagaimana bangsa ini ditakdirkan berbeda-beda baik suku, bahasa dan agama, namun terikat atas nilai persaudaraan dan semangat persatuan.

“Kalian dan kita semua harus mampu menjaga empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika dalam mewujudkan negeri Indonesia yang di Ridai Allah SWT,” ujarnya Rektor IAIN Prof. Faizah Binti Awad, Rabu, kemarin.

Rektor Prof. Faizah Binti Awad menjelaskan, usai wisuda ini, para alumni bakal diperhadapkan dengan tantangan yang jauh lebih luas. Alumni IAIN harus menunjukkan sebagai lulusan berkualitas dan kompetitif. Seluruh alumni harus memanfaatkan pengalaman dan keahlian yang diperoleh selama kuliah di IAIN Kendari untuk berkiprah dan mengabdi sebaik mungkin di tengah masyarakat.

“IAIN Kendari telah memperoleh pengakuan dari berbagai pihak baik pada aspek penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi maupun aspek lainnya. Oleh karena itu selaku alumni IAIN Kendari, anda tidak perlu merasa minder, apalagi berkecil hati ketika nanti bersaing berkompetisi dalam menempuh karier di dunia kerja. Kalian semua selevel, sepadan dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia,” tegas Rektor Prof. Faizah Binti Awad kepada ratusan sarjana dan pascasarjana yang diwisuda.

Wisuda ini menjadi peristiwa penting dan bersejarah bagi para wisudawan/wisudawati. Terlebih kesuksesan meraih gelar sarjana, merupakan perjuangan panjang dengan mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, perasaan, dan biaya.

“Ini juga tentu tak terlepas dari bantuan malaikat-malaikat hidup yaitu orang tua kalian tercinta. Orang tua kalian yang berada di ruangan ini dengan senyum kebahagiaan dan menjadi saksi atas perjuangan kalian semuanya. Saya perintahkan kepada ananda semua untuk memandang dan menatap wajah orang tua anda sedalam-dalamnya dari tempat duduk masing-masing. Lihatlah, di sana ada senyum bahagia. Ucapkan terima kasih kepada mereka,” pinta Rektor Prof. Faizah Binti Awad.

Untuk diketahui, 319 sarjana (S1) dan magister (S2) IAIN Kendari yang diwisuda dari empat fakultas dan 23 Prodi. Rinciannya, 166 sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dan 23 sarjana Fakultas Syariah. Selanjutnya 43 sarjana Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, 47 sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta 40 magister program pascasarjana. (rah/c)

  • Bagikan