Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat Prodi Farmasi UMW Kendari Raih Akreditasi SINTA 5

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari meraih akreditasi SINTA 5 atau peringkat 5 se-Indonesia. Informasi ini berdasarkan hasil penilaian akreditasi Jurnal Ilmiah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEK-BRIN).

Kepala Editor Jurnal Prodi Farmasi UMW, Apt. Muhammad Asrul, S.Si., M.Si., mengungkapkan, jurnal pengabdian masyarakat merupakan jurnal hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, sosial dan kesehatan.

"Untuk penilaian oleh Kemendikbud secara online melalui website https://arjuna.kemendikbud.co.id. Dan syarat akreditasi harus terbit dua tahun, memiliki Digital Object Indentifier (DOI) dan terakreditasi. Untuk penilaiannya, juga mencakup penamaan, kelembagaan penerbit, penyuntingan dan manajemen jurnal. Serta substansi artikel seperti gaya penulisan, penampilan, keberkalaan dan penyebarluasan. Selanjutnya, akan dilakukan pengembangan manajemen jurnal untuk meningkatkan akreditasi jurnal akreditasi tahun depan," beber Asrul.

Universitas Mandala Waluya Kendari

Kaprodi Farmasi UMW, Apt. Wa Ode Yuliastri, S.Farm., M.Si, mengatakan, SINTA merupakan, laman atau portal ilmiah daring yang dikelola Kemendikbud Ristek. Di dalamnya, menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi. Selain itu, dapat juga diartikan sebagai database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi.

"Saya sangat mengapresiasi capaian ini. Bisa terakreditasi Jurnal SINTA 5 sungguh luar biasa. Ini merupakan prestasi untuk mendukung reakreditasi Prodi Farmasi di bulan Agustus mendatang. Saya berharap, dengan terakreditasinya jurnal Prodi Farmasi UMW, dapat menambah nilai dan poin reakreditasi prodi. Juga mendukung dosen Farmasi dalam mengurus perangkat akademik pengabdian setiap dosen," pungkasnya. (m3/b)

  • Bagikan