KPU Buteng Rampungkan Daftar Pemilih

  • Bagikan
Ketua KPU Buteng, La Ode Nuriadin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah (Buteng) mulai memantapkan persiapan menyelenggarakan hajatan demokrasi di negeri seribu gua itu. Daftar pemilih telah dirampungkan, sebelum peluncuran tahapan pemilu.

Ketua KPU Buteng, La Ode Nuriadin mengaku siap menyukseskan Pemilu. Pihaknya, sudah menyiapkan semua infrastruktur guna menyelenggarakan pesta demokrasi. Mulai dari ketersediaan sumber daya manusia, mengikuti bimbingan teknis dan seluruh penyesuaian tahapan yang mungkin akan didahului dengan pendaftaran partai politik, penataan daerah pemilihan, pemutakhiran data pemilih, hingga pendaftaran calon peserta pemilu 2024.

Setelah tahapan awal Pemilu 2024 resmi dibuka, lanjut dia, nantinya KPU akan merancang perencanaan program dan anggaran serta menyusun peraturan penyelenggaraan pemilu. Dari sisi regulasi, sejauh ini produk peraturan yang dihasilkan baru Peraturan KPU tentang tahapan Pemilu. Proses pendataan daftar pemilih sudah dimatangkan sebelum tahapan Pemilu 2024 diluncurkan.

"Sedangkan untuk anggaran itu semua dari APBN. Seluruh desain ditentukan oleh KPU RI atau bersifat instruksional," imbuhnya.

Nuriadin berharap, tahapan Pemilu 2024 akan lebih baik dari pemilu sebelumnya. Untuk itu ia meminta dukungan kepada semua stakeholder terkait agar pelaksanaan pemilu di Buteng dapat berjalan lancar.

"Sejak Buteng menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), kita telak melaksanakan pemilu sebanyak tiga kali termasuk pilkada. Insya Allah kami di Buteng pada prinsipnya sepanjang perjalanan kami tidak menemukan kendala yang berarti," pungkasnya. (uli/b)

  • Bagikan