Tingkatkan Mutu SDM, PPs UHO Genjot Workshop

  • Bagikan
Prof. Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Proses perkuliahan Program Pascasarjana (PPs) Universitas Halu Oleo (UHO) digelar secara online maupun offline. Hal itu sesuai dengan prosedur yang di tetapkan universitas.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PPs UHO, Prof. Analuddin, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan bahwa saat ini proses perkuliahan PPs UHO dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh kampus, yakni secara online maupun tatap muka. Giat tersebut dilakukan karena hingga saat ini belum ada kewajiban yang mengharuskan dosen untuk memberi materi secara offline. "Perkuliahan secara online biasa digelar untuk kelas yang memiliki jumlah mahasiswa lebih banyak. Hal tersebut dilakukan karena hingga saat ini masih pandemi Covid 19 dan aturannya masih dijalankan. Tetapi bagi kelas yang memiliki jumlah mahasiswa sedikit serta dosennya ingin melakukan perkuliahan secara tatap muka maka dipersilahkan," ungkap Prof. Analuddin, Minggu (22/5).

Mantan Dekan FMIPA UHO itu juga menyebut dari jumlah keseluruhan program studi (Prodi) PPs UHO telah meraih akreditasi baik bahkan ada beberapa Prodi yang berhasil mengantongi akreditasi unggul. "Alhamdulillah, dari 24 Prodi ada dua Prodi yang berhasil meraih akreditasi unggul.

Sebelumnya, program magister itu hanya memiliki satu prodi terakreditasi unggul yaitu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) namun sekarang akreditasi unggul juga berhasil di raih oleh Program Ilmu Manajemen. Kemudian, selebihnya untuk program magister maupun program doktor terakreditasi baik sekali," jelasnya.

Selain itu, akhir tahun ini PPs akan mempersiapkan serta mendampingi pengisian borang beberapa prodi yang akan reakreditasi. Persiapan dari reakreditasi ini yang pertama akan melakukan penyiapan dokumen akreditasi dan penyusunan borangnya. Kemudian akan digelar lokakarya atau workshop untuk mendampingi Prodi dalam penyusunan borang tersebut. "Hal itu telah menjadi komitmen pimpinan PPs UHO dan paling lambat bulan Agustus mendatang akan dilakukan lokakarya penyiapan dokumen-dokumen pendukung akreditasi Prodi beserta pendampingan dokumen borangnya. Pihak PPs UHO juga akan mengadakan beberapa kegiatan penunjang akreditasi, seperti seminar atau workshop peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik atau dosen lingkup PPs UHO.

Kemudian, ada seminar atau workshop ilmiah berkala Prodi di PPs UHO. Sedangkan untuk peningkatan kapasitas mahasiswa ilmiah, kami rencanakan melakukan lokakarya atau workshop penulisan makalah untuk dipublikasi di jurnal internasional terindeks Scopus bagi mahasiswa program doktor dan makalah untuk di publikasi di jurnal terakreditasi nasional bagi mahasiswa program magister. Diharapkan, kegiatan-kegiatan tersebut dapat menunjang reakreditasi beberapa prodi di PPs UHO," tutupnya. (m3/b)

  • Bagikan