Tata Administrasi Kewilayahan, Selamatkan Aset Daerah

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Konsel meraih nilai terbaik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait evaluasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah. Se-Sultra, daerah yang dipimpin duet Surunuddin-Rasyid itu berada di urutan ketiga tertinggi.

Capaian itu tidak terlepas dari peran Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Pemkab Konsel Irsan Mangidi.

Irsan mengklaim banyak hal yang ia lakukan pada bagian tata pemerintahan. Di antaranya penetapan kepastian hukum oleh Mendagri terhadap tapal batas di wilayah Konsel.

“Pada tahun 2021 telah dilaksanakan penyelesaian segmen tapal batas wilayah dengan kelurahan/desa se Konsel yang kemudian menjadi Permendagri,” ungkapnya.

Selain itu, di tahun yang sama juga telah dilaksanakan penegasan tapal batas wilayah kelurahan dan desa se Kecamatan Andoolo yang telah menghasilkan peraturan bupati (Perbup).

“Juga telah diterbitkan dan diserahkan 55 bidang sertifikat aset Pemkab. Tahun 2022 ini, akan diterbitkan dan diserahkan 56 bidang sertifikat aset Pemkab,” imbuhnya.

Tahun 2023 mendatang, pihaknya menargetkan untuk menyelesaikan pensertifikatkan seluruh aset bidang tanah Pemkab Konsel.

“Bagian tata pemerintahan pada tahun 2023 menargetkan menyelesaikan penataan administrasi kewilayahan yaitu penetapan dan penegasan tapal batas desa dan kelurahan se Konsel,” tambahnya. (Kam/adv)

  • Bagikan