Membumikan Alquran, MTQ ke-8 Dimulai

  • Bagikan
DUTA TERBAIK : Bupati Koltim, Abdul Azis memukul gong tanda dimulainya gelaran MTQ ke-8 tingkat kabupaten yang tahun ini dipusatkan di Kecamatan Lalolae. (KUSDIN/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Helatan Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) ke-8 tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2024, resmi dimulai. Event yang dilaksanakan di Kecamatan Lalolae tersebut diharap dapat melahirkan peserta perwakilan daerah pada ajang serupa di level Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kabupaten Konawe Utara.

Bupati Koltim, Abdul Azis, menyampaikan, MTQ ke-8 tahun ini, menjai upaya pemerintah untuk lebih membumikan Alquran di Wonua Sorume. Dia berharap, kegiatan religi seperti MTQ dapat mendorong seluruh kalangan mencintai kitab suci dan Alhadist.

“Melalui MTQ ini kita bisa melahirkan insan berkualitas dan beriman. Membentuk karakter Qurani dan bangsa yang ideal serta menciptakan generasi emas berbasis Alquran pada masa mendatang. Semoga MTQ ini bisa melahirkan peserta yang terbaik sehingga mewakili daerah diajang provinsi,” kata Abdul Azis, Selasa (23/4).

Sebelumnya, Kepala Kementerian Agama Koltim, Muh. Kadir, menjelaskan, lomba tersebut sekaligus untuk melatih generasi muda agar terus mencintai Alquran. “MTQ adalah sebuah agenda yang dilaksanakan pemerintah secara berjenjang, mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi sampai nasional.

“Tak sekadar untuk mengugurkan kewajiban saja, tetapi meningkatkan iman dan ketakwaan serta cinta Alquran. Ada sembilan cabang dan 48 golongan yang dilombakan. Kami harap LPTQ melalui bantuan Pemkab Koltim melakukan persiapan matang dalam menghadapi MTQ tingkat provinsi. Harus ada pelatihan khusus setelah kegiatan ini,” kata Muh. Kadir. (c/kus)

  • Bagikan