Mustari Memperluas Jangkauan Pelayanan Kesehatan

  • Bagikan
Pj Bupati Buton Mustari (tengah) saat menyerahkan kendaraan operasional untuk Puskesmas demi peningkatan jangkauan pelayanan kesehata kepada masyarakat Kabupaten Buton. (ERLIN IPO / KENDARI POS)
Pj Bupati Buton Mustari (tengah) saat menyerahkan kendaraan operasional untuk Puskesmas demi peningkatan jangkauan pelayanan kesehata kepada masyarakat Kabupaten Buton. (ERLIN IPO / KENDARI POS)Pj Bupati Buton Mustari (tengah) saat menyerahkan kendaraan operasional untuk Puskesmas demi peningkatan jangkauan pelayanan kesehata kepada masyarakat Kabupaten Buton. (ERLIN IPO / KENDARI POS)

--Pj Bupati Buton Menambah Randis Puskesmas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Buton Laode Mustari punya kepedulian tinggi terhadap peningkatan layanan kesehatan. Sekretaris DPRD Provinsi Sultra itu sangat concern memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan di Kabupaten Buton.

Bukan hanya gedung pelayanan dan peningkatan kualitas SDM melalui sosialisasi dan pelatihan, Pj Bupati Mustari juga memperluas jangkauan pelayanan kesehatan. Salah satu langkah yang dilakukan Pj Bupati Mustari adalah menambah kendaraan dinas operasional pelayanan bagi tenaga kesehatan (nakes). Mulai dari mobil ambulans hingga sepeda motor dinas.

Pj Bupati Mustari mengatakan penyediaan kendaraan operasional bagi Puskesmas dan tenaga kesehatan itu merupakan bagian upaya Pemda Kabupaten Buton untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Sebab, aspek kesehatan merupakan kebutuhan dasar maka pemerintah hadir di tengah-tengah masyarkat untuk memberikan pelayanan optimal.

"Aspek kesehatan merupakan layanan wajib dan dasar sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar dan untuk melaksanakan layanan tersebut maka diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung dalam rangka untuk memperluas jangkauan pelayanan dan kemudahan dalam pelayanan masyarakat," ujar Pj Bupati Mustari kepada Kendari Pos, Rabu (17/4/2024).

"Awal 2024 ini, kita menyalurkan 46 unit sepeda motor untuk mendukung kegiatan operasional layanan kesehatan. Lalu 8 ambulans. Kami berharap, kendaraan dinas ini dijaga dan dioptimalkan pemanfaatannya untuk pelayanan masyarakat," sambung Pj Bupati Mustari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton Syafarudin mengatakan, adanya bantuan kendaraan itu tak lepas dari dukungan Pj Bupati Buton La Ode Mustari. Syafarudin merinci 46 sepeda motor itu terdiri dari 8 unit untuk Bidan Koordinator Puskesmas, 11 unit untuk Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas, dan 13 unit untuk bendahara BOK. "Sedangkan 7 unit untuk Programer Puskesmas lainnya dan 7 unit untuk programer di lingkup Dinkes Buton," jelasnya.

Syafarudin menyebut 8 Puskesmas mendapat mobil ambulans yakni Puskesmas Siotapina, Pasarwajo, Lasalimu, Lawele, Kumbewaha, Wakaokili, Wajah Jaya, dan Puskesmas Lasalimu Selatan. 8 puskesmas itu mendapat tambahan sarana pelayanan karena merupakan puskesmas rawat inap.

Untuk diketahui, akhir Maret lalu, mantan Pj Bupati Buton Mustari menyerahkan 46 unit sepeda motor operasional Puskesmas untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Selanjutnya, 8 Puskesmas mendapat bantuan mobil ambulans pada medio April 2024. (lyn/b)

  • Bagikan