Yusuf Tawulo Menuju Panggung Pilgub

  • Bagikan
Bakal calon Gubernur Sultra Yusuf Tawulo (kiri) dan Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan) usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (30/4/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Bakal calon Gubernur Sultra Yusuf Tawulo (kiri) dan Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan) usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (30/4/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung 27 November 2024. Kandidat figur yang bakal tampil mulai bermunculan. Memulai manuver politik menebar pengaruh ditengah masyarakat. Baik melalui pintu partai, juga ruang personal. Perebutan singgasana orang nomor 1 di Sultra, diprediksi bakal sengit. Salah satu kompetitornya adalah Yusuf Tawulo.

Pria asal Desa Wawolemo Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe itu, siap bertarung dan merebut kursi megah pucuk pimpinan Provinsi Sultra. “Saya siap mengabdikan diri untuk masyarakat dengan menjadi Gubernur Sultra melalui Pilgub,” ujar Yusuf Tawulo dalam diskusi di podcast Kendari Pos Channel yang dipandu Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin, Selasa (30/4/2024).

Yusuf Tawulo mengaku dalam berkiprah di dunia politik, ia pernah menjadi bagian tim advokasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta. Dengan berbagai dinamika politik yang terjadi, ia berlabuh ke Partai Gerindra.

“Sampai saat ini saya di Gerindra dan pada Pilpres 2024 ini kami memenangkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI,” kata Yusuf.

Perjuangan memenangkan Prabowo bukan sekedar slogan semata, Yusuf Tawulo memimpin Organisasi Relawan bernama Laskar 08 yang menggerakan banyak massa.

“Saya tidak mengklaim bahwa kemenangan Prabowo hanya buah keringat kami, namun tak bisa dipungkiri, bahwa relawan yang paling aktif berjuang adalah laskar 08 yang saya pimpin,” bebernya.

Yusuf Tawulo punya asa besar untuk kemajuan Sultra di masa mendatang. Ia ingin mengabdikan diri, memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat. Saat ini, ia intens menjajaki dukungan partai politik (Parpol) pendukung.

“Beberapa parpol sudah ada yang menyatakan dukungan. Namun belum bisa saya sebut. Nanti jika sudah final, saya akan deklarasi,” imbuh alumni SD 2 Desa Wawolemo, Kecamatan Pondidaha itu.

Menurutnya, sebagai Warga Negara Indonesia dan putra daerah Sultra, punyak hak untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Sultra. Ayah dan ibunya berasal dari Kabupaten Konawe Selatan. Hanya saja, mengembangkan karier usaha dan menetap di Kabupaten Konawe.

Yusuf Tawulo mengaku telah 2 tahun manuver berkeliling di 17 kabupaten dan kota di Sultra. Yang paling berkesan saat bersosialisasi di Kabupaten Buton Utara, Bombana, dan Wakatobi. Ia selalu menginap di rumah warga setempat. Yusuf Tawulo kerap berdiskusi panjang dan mendalam dengan pemilik rumah.

“Terkadang menceritakan kisah saya sewaktu kecil yang hidup dengan ekonomi paspasan dan terus berjuang agar mencapai perekonomian yang lebih baik,” bebernya.

Menjadi seorang pemimpin, wajib membuka ruang kepada seluruh lapisan masyarakat, siapapun dan dalam keadaan apapun. Yusuf Tawulo mengusung ide smart city untuk membangun Sultra. Kota Kendari, Baubau, Kolaka, Raha, wajib dijadikan kota pintar. 4 daerah itu menjadi pilar utama pembangunan Sultra.

“Ini konsep dasar saya. 4 kabupaten/kota itu akan menjadi awal fokus pembangunan atau aktualisasi dari program kerja jika menjadi Gubernur Sultra,” urai Yusuf Tawulo.

Konsep Smart city yakni segala sesuatu dalam tatanan pemerintahan terprogram dengan baik dan sistematis. Ia mencontohkan, jika terjadi banjir dari sungai Sodoha Kota Kendari, maka akan langsung terinput secara otomatis dalam sistem yang telah dirancang dalam bingkai smart city. Termasuk konektivitas antar OPD wajib tersistem dengan maksimal. Dengan begitu, potensi korupsi tidak akan terjadi.

“Sudah banyak yang menggunakan konsep tersebut di Indonesia. Di Sultra baru memulai. Nah, dan jika ada kabupaten yang tidak mau, berarti masih banyak para ‘tikus-tikus berdasi’ yang berkeliaran,” analogi Yusuf Tawulo.

Yusuf Tawulo juga berkomitmen akan memperbaiki semua jalan rusak provinsi. Berbekal pengalamannya menjadi ASN di Dinas Bina Marga yang menangani pengaspalan jalan, ia paham betul seperti apa kondisi jalan di Sultra.

Oleh karena itu, jika ia terpilih menjadi gubernur, Yusuf Tawulo berjanji tidak akan ada jalan rusak. “Alhamndulillah saya sudah berpengalaman menangani jalan rusak. In Sya Allah, saya tuntaskan ketika saya jadi gubernur,” tegasnya.

Sebagai keseriusan maju di Pilgub Sultra, Yusuf Tawulo bakal menggandeng figur dari kepulauan. “Orang ButonRaha. Tampangnya gagah dan sama-sama pengusaha,” Yusuf Tawulo memberi bocoran bakal calon pendampingnya di Pilgub Sultra. (ali)

  • Bagikan