Ikhtiar Yusup Membangun Kota Kendari

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (3 dari kiri) dan Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (3 dari kanan) bersama Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (2 dari kanan), Asisten I Setda Pemkot Kendari Amir Hasan (2 dari kiri), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan) dan Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (kiri) usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (30/4/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (3 dari kiri) dan Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (3 dari kanan) bersama Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (2 dari kanan), Asisten I Setda Pemkot Kendari Amir Hasan (2 dari kiri), Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (kanan) dan Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (kiri) usai diskusi di podcast Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (30/4/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--Menata Pedestrian, Drainase, dan Penerangan Jalan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup punya impian besar menjadikan Kendari layaknya kota metropolis seperti Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Langkah awal yang ditempuh untuk mewujudkan hal tersebut yakni dengan menggencarkan program penataan pedestrian, drainase dan penambahan penerangan jalan.

Pj Wali Kota Muhammad Yusup mengungkapkan, penataan pedestrian sangat penting mengingat saat ini banyak disalah gunakan oleh masyarakat. Ia mencontohkan pedestrian di kawasan eks MTQ yang gunakan menjadi lokasi Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Kawasan eks MTQ yang menjadi ikon Kota Kendari, saat ini sudah tidak sesuai peruntukkannya. Harusnya sebagai ruang terbuka hijau supaya bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Kendari untuk dimanfaatkan berolahraga dan sebagainya namun saat ini digunakan oleh PKL,” ujar Pj Wali Kota Muhammad Yusup dalam podcast Kendari Pos Channel yang dipandu Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (30/4/2024).

“Trotoar yang harusnya menjadi tempat pejalan kaki dipakai untuk berjualan. Pertanyaannya, kalau sudah seperti ini terus pejalan kaki mau jalan dimana? Kalau jalan dijalan raya pasti rawan dengan kecelakaan,” sambung Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Atas dasar itulah, Pemkot Kendari mulai saat ini akan menata pedestrian, khususnya yang ada di kawasan eks MTQ agar bisa berfungsi sesuai dengan peruntukkannya.

Selanjutnya masalah drainase. Pj Wali Kota Muhammad Yusup mengungkapkan, kondisi drainase perkotaan saat ini sudah ditutup oleh masyarakat dan dibeberapa tempat disalah gunakan menjadi tempat berjualan.

“Akhirnya apa yang terjadi? Sampah berserakan, masuk didrainase dan menjadi tempat timbunan sampah, Begitu musim hujan tiba, banjir yang dirasakan masyarakat,” ungkap Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Guna mencegah kekumuhan yang terjadi saat ini, ia telah menginstruksikan semua jajarannya di Pemkot Kendari untuk menggelar aksi bersih lingkungan. Pj Wali Kota Muhammad Yusup mengajak masyarakat dan bermitra dengan TNI/Polri.

“Program ini (bersih-bersih lingkungan) sudah berjalan. Bahkan saya lebih masifkan lagi setiap hari Selasa dan Jumat. Ini menjadi catatan bahwa yang dilakukan pemerintah tidak lain untuk menggugah kita semua agar mau melakukan aksi bersih-bersih. Jangan sampai pemerintah dijadikan sebagai tenaga untuk membersihkan, padahal masalah kebersihan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” tegas Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Terkait penerangan jalan, Pj Wali Kota Muhammad Yusup dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pemasangan lampu jalan di sejumlah ruas jalan dan titik yang masih kurang penerangannya. “Kita terangi wilayah ini karena cerminan sebuah kota adalah bersih dan terang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Muhammad Yusup juga memaparkan konsep pembangunan yang digagasnya dalam menakhodai Kota Lulo. Ia bertekad menjadikan Kendari sebagai Kota yang Aman, Nyaman, dan Bahagia.

“Berangkat dari persoalan yang terjadi di Kota Kendari seperti yang saya terangkan tadi masalah pedestrian, drainase dan penerangan, kita akan buat daerah ini menjadi aman dan nyaman. Masyarakat aman dalam hidup, investor nyaman berinvestasi sehingga semua bisa bahagia dan sejahtera,” jelas Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Di sisi lain, Pj Wali Kota Muhammad Yusup memaparkan soal rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari.

Ia mengungkapkan, berbagai kegiatan akan dilaksanakan untuk menyemarakkan HUT tahun ini. Itu penting dilakukan untuk menghibur masyarakat.

“Banyak agenda yang akan dilaksanakan. Kita akan melibatkan masyarakat. Masyarakat harus merayakannya dengan rasa gembira. Semua kegiatan kita laksanakan menjadi cerminan kepedulian pemerintah kepada masyarakat,” jelas Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Ia merinci berbagai lomba digelar dalam rangka HUT Kota Kendari, misalnya kebersihan ditingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat OPD. Selanjutnya, lomba untuk ibu balita yang tujuannya untuk mencegah stunting dan memberikan spirit kepada orang tua agar memperhatikan anaknya sebagai masa depan bangsa, khususnya Kota Kendari. “Kita ingin Kendari melahirkan generasi yang cerdas sehat dan bebas stunting,” pungkas Pj Wali Kota Muhammad Yusup.

Sekedar informasi, berbagai kegiatan atau lomba bakal dilaksanakan dalam perayaan HUT Kota Kendari ke-193. Kegiatan yang dimaksud yakni lomba bola gotong, lari karung, senam, musik bambu, pidato berbahasa daerah Sultra, karaoke lagu Tolaki, serta mombesara dan mondarima o’sara dilaksanakan mulai 2 - 7 Mei 2024.

Selanjutnya ada Expo UMKM, Gerakan Pangan Murah dan Pasar Kreatif 2-7 Mei 2024, jalan santai pada 7 Mei 2024, serta lomba Mosolori (membuat Sinoggi, makanan khas Tolaki) dan karnaval budaya pada 8 Mei 2024. Sementara untuk upacara peringatan HUT akan dilaksanakan di Balai Kota Kendari pada 9 Mei 2024. (ags/b)

  • Bagikan