Dirikan Posko Kesehatan di Titik Perlintasan

  • Bagikan
Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Fauziah
Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Fauziah

--Siagakan Faskes pada Libur Lebaran

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Lebaran Idul Fitri tinggal 20 hari lagi. Jelang libur panjang lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai melakukan persiapan antisipasi arus mudik. Sebagai bagian satuan tugas (satgas), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari bakal mendirikan posko di titik perlintasan pemudik hingga pusat perbelanjaan.

Kepala Dinkes Kota Kendari drg. Fauziah mengungkapkan sebagai bentuk kesiapsiagaan pihaknya akan bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk mendirikan posko layanan kesehatan.

“Seperti tahun lalu (2023) kami akan buka posko Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Wawonii, Terminal, Bandara termasuk di Pantai Nambo pun kita buka. Ada juga di The Park dan Lippo Plaza,” ungkapnya, kemarin.

Guna memantapkan persiapan, pihaknya masih berkordinasi dengan stakeholder terkait seperti Polresta Kendari sehingga program bisa berjalan bersamaan dengan pengamanan libur mudik lebaran 2024.

Di sisi lain, pihaknya juga menyiagakan sebanyak 15 puskesmas selama libur lebaran. 15 puskemas yang disiagakan terdiri dari 5 puskesmas 5 rawat inap (UGD 24 Jam), 10 puskesmas rawat jalan.

“Kami tetap memberikan pelayanan selama libur lebaran. Nanti ada petugas kami yang bersiaga terutama pada Puskesmas Rawat Inap. Termasuk pada hari Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” ungkap drg. Fauziah.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya calon pemudik untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga ringan selama bulan Ramadan termasuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tidak mudah tertular penyakit. (b/ags)

  • Bagikan