Rekrutmen CPNS Dibuka Setahun 3 Kali

  • Bagikan
Plt Kepala BKN Haryomo Adi Putranto (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
Plt Kepala BKN Haryomo Adi Putranto (Nurul Fitriana/JawaPos.com)

--Pelamar Hanya Boleh Ikut 1 Kali Seleksi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan seleksi Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2024 akan dilakukan sebanyak 3 kali. Meliputi, seleksi CPNS sekolah kedinasan, CPNS dan PPPK di instansi pusat dan pemerintah daerah.

Plt Kepala BKN Haryomo Adi Putranto menegaskan bahwa pelamar hanya boleh ikut satu seleksi penerimaan CPNS dan PPPK yang dibuka sebanyak tiga kali pada tahun 2024 ini.

Dia menegaskan, jika pelamar sudah memilih untuk ikut di salah satu periode seleksi CPNS maka tidak diperbolehkan lagi untuk mengikuti di periode selanjutnya.

"Orang hanya bisa mendaftar satu. Enggak boleh kalau (tahap pertama) gak lulus, trus daftar di tahap selanjutnya. Itu enggak boleh. Pokoknya ketika dia sudah ikut salah satu tahap, tidak boleh mengikuti di tahap selanjutnya," tegas Haryomo saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pelamar bisa memilih periode rekrutmen CPNS yang akan dibuka. Secara waktu, pendaftaran rekrutmen tersebut akan dibagi menjadi tiga, yaitu pada April, Mei, dan September.

"Nanti pelamar boleh memilih kalau dia mau ikut seleksi kedinasan, ya sudah di April dia harus sudah siap. Tapi kalau mau instansi pusat, di bulan Mei, kalau instansi daerah di bulan September," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan total formasi CASN 2024 yang akan dibuka pada periode pertama sebanyak 1.289.824. Angka tersebut terdiri dari 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.

Plt Deputi SDM Aparatur Aba Subagja menjelaskan, total formasi tersebut baru sebagian dari rencana formasi nasional yang ditetapkan untuk tahun 2024 sebanyak 2,3 juta.

Adapun rinciannya, untuk instansi pusat formasi yang akan dibuka sebanyak 427.650 yang terdiri atas 130.414 CPNS dan 297.236 bagi PPPK. Sedangkan untuk formasi instansi daerah sebanyak 862.174 terdiri dari CPNS sebanyak 148.013 dan 714.161 untuk PPPK. (jpg)

  • Bagikan