Pencairan Dana Desa Seret

  • Bagikan

-- Pemda Diminta Turun Tangan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun anggaran 2024 sudah memasuki bulan ketiga. Namun hingga kini, serapan Dana Desa (DD) masih minim. Dari data Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorar Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara (Sultra), baru 63 desa yang melakukan pencairan DD tahap pertama. Tahun ini, kuota alokasi DD untuk Sultra sebesar Rp 1,47 triliun.

Kepala Kanwil DJPb Sultra Syarwan mengatakan alokasi DD tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp1,47 triliun. Namun penyerapan DD masih rendah. Saat ini, baru sebagian kecil yang menyerap dana tersebut.

"Muna Barat (Mubar) baru 3 desa, Wakatobi 16 desa, Kolaka Utara (Kolut) 7 desa, Kolaka Timur (Koltim) 31 desa, Bombana 7 desa dan 1 desa di Konawe Utara (Konut). Kami mengimbau kabupaten segera mempresure pencairan DD," pinta Syarwan kemarin

Syarwan menekankan pentingnya penggunaan DD untuk mengendalikan inflasi, terutama menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. DD memiliki bagian dari upaya menjaga ketahanan pangan termasuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT). Jika disalurkan, dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat kurang mampu.

Porsi DD untuk ketahanan pangan dan penanganan stunting katanya, mencapai 20 persen. Sementara alokasi BLT tidak dibatasi secara minimal, tetapi maksimal hanya 25 persen dari total alokasi. Namun sangat disayangkan, dari total 1.908 desa di Sultra masih ada sekitar 1.845 desa yang belum menyerap DD.

Dana Desa sambungnya, adalah salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat pedesaan. Karena itu, pihaknya akan terus berupaya untuk memastikan pencairan dan penggunaan DD sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Kami berharap seluruh kabupaten bisa segera mengoptimalkan penyerapan DD nya untuk kesejahteraan masyarakat setempat," harapnya. (c/rah)

TRANSFER DANA DESA 2024

1. Total Rp 1,47 Triliun

2. Peruntukan 1.908 Desa

3. Belum Dicairkan 1.845 Desa

4. 63 Desa Sudah Mencairkan

Muna Barat 3 Desa

Wakatobi 16 Desa

Kolaka Utara 7 Desa

Kolaka Timur 31 Desa

Bombana 7 Desa

Konawe Utara 1 Desa

  • Bagikan