Pemdes Sumber Agung Rehabilitasi Rutilahu Warga

  • Bagikan
Usman Efendi
Usman Efendi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Sumber Agung Kecamatan Lasalimu Selatan, Buton memprioritaskan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2024 pada tiga program penting. Yakni, rehabilitasi rumah tidak layak huni, bantuan langsung tunai, dan program ketahanan pangan.

Kepala Desa Sumber Agung, Usman Efendi, mengatakan program bedah rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu itu diilhami dari program Kementrian Desa dalam hal menanggulangi kemiskinan ekstrem yang boleh menganggarkan dari dana desa.

“Jadi boleh kita anggarkan tetapi tidak boleh memberikan dalam bentuk uang tunai melainkan material bahan bangunan untuk memperbaiki rumah tidak layak huni,” ungkapnya kepada Kendari Pos.

Pemdes Sumber Agung kata dia sudah menjalankan program itu sejak tahun 2022 lalu. Puluhan rumah sudah disulap menjadi lebih layak dengan dana masing-masing terakumulasi Rp 6 juta.

“Bentuk bantuan yang disalurkan berupa material seperti batu, semen, pasir atau atap sesuai dengan kebutuhan rumah. Tahun ini insya Allah 10 unit,” tambahnya.

Usman memastikan pemilihan sasaran penerima manfaat bantuan program bedah rumah itu telah melalui proses telaah dan musyawarah para pihak terkait. Pihaknya akan meninjau terlebih dahulu mana yang akan diprioritaskan untuk dibantu.

“Kita lihat dulu mana yang harus didahulukan untuk diperbaiki, setelah dilakukan pengecekan dan dinilai sudah pas dengan kriteria, maka kita tetapkan datanya,” pungkasnya. (lyn/b)

  • Bagikan