SMAN 2 Kendari Target 40 Persen Siswa Lolos Bebas Tes di PT

  • Bagikan
Suasana pembelajaran siswa di SMAN 2 Kendari.
Suasana pembelajaran siswa di SMAN 2 Kendari.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Melihat potensi siswa-siswi dalam bidang akademik maupun nonakademik, pihak SMAN 2 Kendari menargetkan 40 persen dari 447 siswa kelas XII lulus masuk Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta.

Kepala SMAN 2 Kendari, Nur Aida l, mengatakan bahwa jumlah siswa kelas XII di SMAN 2 Kendari yakni 447 dengan rincian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 315 orang dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 132 orang. “Adapun jumlah siswa yang eligible yaitu IPA 126 orang dan IPS 53 orang. Jumlah inilah yang nantinya akan mengisi pangkalan data untuk pendaftaran masuk Perguruan Tinggi (PT) jalur bebas tes atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP),” ujarnya.

Nur Aida mengungkap bahwa dirinya telah menyampaikan kepada wali kelas agar mendata siswa yang akan melanjutkan pendidikan dan dimana tujuan perguruan tingginya. “Animo siswa untuk mengambil jurusan kedokteran sangat besar. Oleh karena itu saya mengimbau agar mereka tidak mengambil jurusan di universitas yang sama,” jelasnya.

Ia pun menargetkan, bahwa 40 persen dari 447 siswa itu tercover pada jalur bebas tes kali ini. “SMAN 2 Kendari memiliki akreditasi A. Dimana kami di berikan kuota khusus jalur ini 40 persen siswa kami itu tercover di perguruan tinggi,” ucapnya.

Selain itu, pihak SMaN 2 Kendari tengah melakukan penjajakan dengan perguruan tinggi yang ada di luar Sulawesi Tenggara (Sultra). “Saya baru saja menjadi kepala sekolah. Sehingga saya harus membuat terobosan sehingga kita punya perguruan tinggi yang menjadi mitra kita,” ungkapnya.

Ia pun berharap dari 447 siswa SMAN 2 Kendari dapat tercover sesuai dengan kuota yang diberikan. “Selain bebas tes kami juga siapkan siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) jadi tidak hanya SNBP saja yang kita siapkan,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan