Kualitas Pelayanan Konsumen di Sultra Dinilai Sangat Baik

  • Bagikan
Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti.
Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti.

--Tahun 2023 Mencapai 94,41

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) baru saja merilis adanya tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan. Hal itu terungkap dalam hasil Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) tahun 2023 yang mencapai 94,41. Nilai ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan termasuk sangat baik.

Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir sejak 2018, secara berturut-turut kualitas pelayanan BPS Sultra termasuk dalam kategori sangat baik dengan IKK di atas 88 dan terus meningkat hingga tahun 2023. “Data kepuasan konsumen pada tahun 2023 diperoleh melalui Survei Kebutuhan Data (SKD) BPS Sultra yang dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2023. Selain memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan konsumen, SKD 2023 juga menggambarkan karakteristik pengguna data serta jenis data yang paling dibutuhkan,” ujarnya.

Menurut hasil SKD 2023, konsumen di Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Sultra masih didominasi oleh perempuan sebanyak 57,28 persen, sedangkan 42,72 persen sisanya adalah konsumen laki-laki. “Sepertiga pengguna layanan PST BPS memiliki pendidikan terakhir D4/S1. Pengguna layanan PST BPS Sultra didominasi oleh pengguna dari kalangan ASN/TNI/ POLRI sebesar 45,63 persen dan juga mahasiswa yang sebesar 45,63 persen. Lebih dari separuh pengguna layanan berasal dari lembaga penelitian dan pendidikan, yakni sebesar 50,50 persen, sementara pengguna layanan dari Pemerintah Daerah hanya sebesar 36,89 persen,” ungkapnya.

Meski demikian kata dia, 97,83 persen pengguna layanan yang berasal dari Kementerian/Lembaga/OPD telah menggunakan data BPS untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. “Oleh karena itu, data yang disediakan oleh BPS harus mempunyai kebenaran akurat dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya,” katanya.

Sesuai dengan peran BPS sebagai lembaga publik, BPS menyediakan berbagai jenis layanan data dan konsultasi statistik. Layanan tersebut meliputi Perpustakaan, Pembelian Publikasi BPS, Pembelian Data Mikro/Peta Wilayah Kerja Statistik, Akses Produk Statistik Pada Website BPS, Konsultasi Statistik, dan Rekomendasi Kegiatan Statistik. “Jenis layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna layanan adalah akses produk statistik pada website BPS yaitu sebesar 47,59 persen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa pada posisi kedua yaitu konsultasi statistik dengan persentase sebesar 27,59 persen. Sementara itu, pembelian publikasi adalah jenis layanan yang paling sedikit digunakan di BPS Sultra. “Jika dilihat dari sumber datanya, publikasi merupakan sumber data yang paling banyak digunakan dengan jumlah perolehan data mencapai 333 publikasi sedangkan untuk perolehan yang berasal dari tabel di website sebanyak 243 selama tahun 2023 di mana data Neraca Wilayah dan Statistik Produksi menjadi data yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna,” tandasnya. (rls/win)

  • Bagikan