Lantai Tujuh Kantor Baru Gubernur Segera Dikerja

  • Bagikan
PROGRES PROYEK DICEK: Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak, memantau pelaksaan pengerjaan kantor tersebut, kemarin (20/12).
PROGRES PROYEK DICEK: Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak, memantau pelaksaan pengerjaan kantor tersebut, kemarin (20/12).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Konstruksi bangunan lantai enam kantor baru Gubernur Sultra telah tuntas dikerja. Pekan depan, lantai tujuh kantor itu akan dikerja dan dituntaskan rampung sebelum pergantian tahun. Tahun 2024 mendatang, dengan anggaran Rp 20 miliar dari APBD, pembangunan akan difokuskan pada pengerjaan finishing tiga lantai.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Martin Effendi Patulak, memantau pelaksaan pengerjaan kantor tersebut, kemarin (20/12). Ia mengatakan proyek on progres. “Rencananya, pekan depan, pengerjaan akan difokuskan pada pengecoran lantai tujuh. Artinya konstruksi lantai tujuh yang akan dikerja,” ungkapnya.

Ia mengakui bila APBD 2024, telah dialokasikan anggaran Rp 20 miliar untuk mengerjakan finishing kantor baru gubernur, khusus untuk tiga lantai. Dana itu akan dipakai untuk pengerjaan dinding, interior, lantai dan kelistrikan. Ia berharap pengerjaan kantor baru gubernur selesai sesuai dengan kontrak. Targetnya akhir tahun ini, lantai tujuh tuntas dibangun dan bisa menyelesaikan pembangunan sisi sayap gedung.

Mantan Kepala Dinas Sosial Sultra itu mengatakan proyek ini didesain delapan lantai dengan konsep green building. Ramah lingkungan. Artinya, dirancang untuk hemat penggunaan listrik, pemeliharaan lebih mudah. “Bangunan ini hemat energi. Konsepnya green building,” ujarnya.

Kata dia, proyek ini diperkirakan menggunakan anggaran Rp 50 miliar. Dikerja sejak tahun 2021. Tahun 2024 mendatang, ia memproyeksi tiga lantai kantor baru ini sudah bisa digunakan ASN Pemprov untuk berkantor. Terutama, bagi organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan ditarik masuk ke dalam kantor itu.

Finishing proyek pembangunan gedung delapan lantai itu, kata dia, akan dituntaskan secara bertahap. Jadi beberapa OPD bisa memanfaatkannya lebih dulu, sambil menyelesaikan lantai berikutnya.

“Kita berharap tidak ada kendala nantinya dalam proses pelaksanaan. Jadi tahun 2023, kita bisa tuntas target pengerjaan fisiknya. Kalau menyeberang tahun, kita kasih tambahan waktu untuk rekanan selama sebulan. Karena pengerjaan konstruksi, sisa satu lantai saja yang akan diselesaikan,” bebernya. (ags/b)

  • Bagikan