Ikhtiar Sukanto Toding Menyukseskan Agenda Nasional

  • Bagikan
Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) bersama KPU, Bawaslu dan Kapolres Kolut AKBP Arif Irawan (2 dari kiri) menandatangani NPHD Pilkada 2024 di Hotel Claro Kendari, Senin (6/11/2023), kemarin. (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)
Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) bersama KPU, Bawaslu dan Kapolres Kolut AKBP Arif Irawan (2 dari kiri) menandatangani NPHD Pilkada 2024 di Hotel Claro Kendari, Senin (6/11/2023), kemarin. (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)

--Hibahkan Dana Pilkada Serentak Rp56 Miliar

Pilkada serentak tahun 2024 adalah agenda nasional. Pilkada digelar di seluruh Indonesia pada November 2024. Sebagai bentuk ikhtiar menyukseskan agenda nasional itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding menyerahkan hibah anggaran Pilkada sekira Rp56 miliar. Penyerahan anggaran hibah itu melalui penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkab Kolut, KPU, Bawaslu dan Polres Kolut (biaya pengamanan).

Penandatanganan NPHD itu sekaligus bentuk kepatuhan Pj Bupati Kolut Sukanto Toding terhadap instruksi Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto agar Pemda mendukung penyelenggara Pilkada (KPU dan Bawaslu). Pj Bupati Sukanto Toding mengatakan dana hibah diperuntukan bagi KPU, Bawaslu dan pengamanan dalam hal ini kepolisian dan TNI.

Rinciannya, KPU Kolut kebagian Rp34,5 miliar, Bawaslu Kolut sekira Rp12,2 miliar, kepolisian Rp7,9 miliar dan TNI sebesar Rp1,4 miliar. Anggaran hibah untuk KPU dan Bawaslu Kolut dicairkan dalam 2 tahap.

“Tahap pertama, pencairannya 14 hari setelah penandatanganan NPHD. Dananya sudah dialokasikan dalam APBD Perubahan 2023. Jadi, pertengahan bulan ini sudah bisa disalurkan. Dana hibah yang akan dicairkan sebesar 40 persen. Untuk KPU sebesar Rp16,59 miliar dan Bawaslu Rp5,81 miliar,” jelas Pj Bupati Sukanto Toding usai penandatanganan NPHD di Hotel Claro Kendari, Senin (6/11/2023), kemarin.

Tahap kedua sekira 60 persen akan dicairkan tahun 2024. Pada tahun 2024, pemerintah juga akan mencairkan anggaran pengamanan. “Anggaran yang dikucurkan tahun 2023 ini, untuk membiayai persiapan penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar November 2024,” ujar mantan Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Sultra ini.

Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sultra itu mengapresiasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang bergerak cepat merampungkan proses penandatangan NPHD. Apalagi hal ini sudah menjadi atensi Pj Gubernur Sultra. “Terima kasih kepada TPAD dan semua pihak yang memperlancar proses penyerahan NPHD. Ini artinya, kita punya komitmen yang sama mengawal dan menyukseskan Pemilu,” kata Pj Bupati Sukanto Toding.

Ketua KPU Kolut Nurgalia memuji komitmen Pj Bupati Kolut Sukanto Toding. Selama proses pembahasan, Pemkab Kolut dalam kendali Pj Bupati Sukanto Toding, sangat bijaksana dan terbuka dalam memahami kebutuhan penyelenggaraan Pilkada. Makanya, proses pembahasannya berjalan lancar.

“Alhamdulillah, tidak ada perdebatan yang alot. Pemkab Kolut benar-benar siap mendukung dan menyukseskan agenda nasional berupa Pilkada serentak di Kolut, “ ujar Nurgalia.

Dana hibah yang diserahkan untuk membiayai Pilkada di Kolut, bukan untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). “Kalau anggara Pileg dan Pilpres bersumber dari pemerintah pusat,” tutup Nurgalia. (mal)

  • Bagikan