BPBD Pastikan Kesiapsiagaan Aparat

  • Bagikan
Awaluddin
Awaluddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kesiapsiagaan armada dan peralatan dalam merespon bencana menjadi sebuah keharusan yang harus terus dipantau Pemerintah Daerah. Hal tersebut menjadi langkah preventif dalam merespon bencana yang akan terjadi dikemudian hari. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus menyiapsiagakan semua armada dan peralatan pendukung bencana dalam merespon cepat jika terjadi bencana di Bumi Pulau Kelapa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konkep, Awaluddin, mengatakan, pihaknya terus memantau pergerakan personel dalam merespon ketika terjadi bencana.

“Setiap saat tim atau personel kita selalu siap sedia dan merespon dengan cepat jika dibutuhkan, kapanpun serta dimanapun. Ini dikarenakan kita selalu mengecek kesiapan armada dan personel. Sehingga ketika ada bencana, kami bisa membantu dengan segera,” ujar Awaluddin, Jumat (13/10).

Selain mendukung mobilitas personel BPBD Konkep, pihaknya telah menyiapkan berbagai macam pendukung untuk memperlancar arus mobilitas, mulai dari kendaraan roda empat, dua hingga perahu rescue. Selain itu terdapat juga sarana pendukung lain seperti tenda dan lainnya.

“Karena bencana yang sering terjadi di Konkep itu eskalasi kecil hingga sedang. Sehingga dengan peralatan sarana dan prasarana saat ini bisa dikatakan masih cukup,” ungkapnya.

Ia menambahkan, walaupun dengan peralatan yang ada, dalam memitigasi bencana tidak bisa bekerja sendiri atau hanya BPBD. Sebab dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi semua pihak, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.

“Di situ harus ada Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam kebakaran, Satpol PP, Organisasi Masyarakat dan warga itu sendiri. Sehingga dengan kerja sama semua pihak, pekerjaan apapun akan bisa kita atasi dengan baik pula,” pungkas Awaluddin. (c/jib)

  • Bagikan