Pengelolaan Usaha Home Stay Ditingkatkan

  • Bagikan
ilustrasi penglolaan homestay (net)
ilustrasi penglolaan homestay (net)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Parawisata Dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menggelar pelatihan pengelolaan usaha home stay atau pondok wisata. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan tata pengelolaan usaha tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan SDM Pariwisata dan Ekraf pada Disparekraf Wakatobi, Muhammad Syarir, menjelaskan, sektor pariwisata menjadi pilar penting sekaligus lokomotif bagi pembangunan daerah. Sehingga pelatihan ini penting dilakukan didukung anggaran bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi pemilik home stay dan para pengelola akomodasi tempat tinggal sederhana. Khususnya dalam mengelola usaha mereka dengan lebih efektif,” ujar Muhammad Syarir, kemarin. Ia berharap, peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Sehingga mendapat manfaat dan ilmu pengetahuan.

“Peserta yang hadir dalam pelatihan ini kurang lebih 40 orang. Kita juga menghadirkan pemateri, Rusmin Nuriadi, Kaprodi Manajemen Keparawisataan Stipar Tamalate Makassar,” tambahnya. Pemateri dalam kegiatan tersebut membawakan pengetahuan terkait home stay dalam sistem kepariwisataan dan standar usaha. (c/thy)

  • Bagikan