Tes Tertulis Calon PPK Muna Berbasis Komputer

  • Bagikan
Anggota KPU Muna, La Tasman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna melaksanakan tes tertulis pada perekrutan calon angola Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)selama 6 sampai 8 Mei 2024. Pelaksanaan tes tersebut akan digelar di Labolatorium Komputer SMAN 1 Raha

Anggota KPU Muna, La Tasman mengatakan tes tertulis calon PPK Pilkada 2024 akan dilaksanakan dengan sistem computer assisted test (CAT). Pada tes tertulis tersebut, soal disiapkan berkaitan dengan kepemiluan, wawasan kebangsaan dan kompetensi dasar.

“Peserta yang mengikuti tes tertulis akan terbagi dalam beberapa sesi. Dengan waktu yang disiapkan yaitu selama 90 menit untuk setiap sesi. Dalam perekrutan ini, kami juga membuka tanggapan dan masukan bagi masyarakat terhadap calon anggota PPK sejak 4 Mei sampai 10 Mei 2024,” kata La Tasman, kemarin.

Ia menambahkan, tes tertulis PPK Pilkada 2024 akan diikuti sebanyak 478 peserta dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muna. Mereka adalah peserta yang dinyatakan memenuhi syarat dari hasil verifikasi pencermatan berkas yang sudah dilakukan oleh KPU Kabupaten Muna.

“Pada tahap verifikasi berkas persyaratan, ada tujuh pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sementara 478 lainnya dinyatakan memenuhi syarat serta bisa mengikuti tes tertulis,” tambahnya.

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan, Partisipasi masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Muna itu juga menjelaskan dengan menggunakan sistem CAT, nantinya peserta bisa langsung mengetahui nilai tes tertulis yang diperoleh setelah mengerjakan soal. Hasil tes tertulis itu selanjutnya akan dilakukan perengkingan oleh KPU Kabupaten Muna, untuk lanjut ke tes wawancara.

“Nantinya, pada tahapan tes wawancara membutuhkan tiga kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan per kecamatan. Artinya, menuju ke tahap selanjutnya kita membutuhkan 15 orang tiap kecamatan untuk tahapan tes wawancara,” pungkas La Tasman.

Diketahui, pada Pilkada 2024, jumlah PPK yang dibutuhkan di Kabupaten Muna yaitu 110 orang. Dimana setiap kecamatan akan diisi oleh 5 PPK. (deh/b)

  • Bagikan