Pakta Integritas Wujudkan Pilkades Berkualitas

  • Bagikan
PILKADES SERENTAK : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, Rasyid, serta para calon kepala desa dan pihak terkait, berkomitmen mewujudkan Pilkades serentak yang berkualitas, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
PILKADES SERENTAK : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, Rasyid, serta para calon kepala desa dan pihak terkait, berkomitmen mewujudkan Pilkades serentak yang berkualitas, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2023 telah memasuki penetapan dan penarikan nomor urut calon. Proses tersebut telah memberikan kepastian bagi calon kepala desa, untuk mengikuti kontestansi demokrasi di wilayah masing-masing.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, untuk mendukung pelaksanaan Pilkades berkualitas, aman dan damai, dibutuhkan komitmen bersama. Pilkades, kata ia, bukanlah hal yang baru. Masyarakat Konsel harusnya sudah sangat dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi di tingkat desa itu.

“Tahun 2023 ini merupakan tahun pesta demokrasi yang bertepatan dengan menghadapi Pemilu 2024. Olehnya itu dibutuhkan komitmen kita semua untuk menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban daerah,” tegas Surunuddin dalam pelaksanaan penandatanganan pakta integritas calon kepala desa se-Konsel tahun 2023, di auditorium kantor bupati, Kamis (14/9) yang turut dihadiri Wakil Bupati, Rasyid, Ketua DPRD, Irham Kalenggo, jajaran Forkopimda, Kepala DPMD, Anas Mas'ud serta pejabat lainnya.

Konsel-1 itu merinci, Pilkades serentak tahun ini akan dilaksanakan pada 96 desa di 25 kecamatan. Jumlah calon kepala desa ada 272 orang dan 73 diantaranya pertahanan.

“Penandatanganan fakta integritas ini sebagai komitmen kita bersama mendukung pelaksanaan pemilihan yang berkualitas, bersama menjaga ketentraman dan ketertiban utamanya selama tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa,” ujarnya.

Surunuddin juga menegaskan agar panitia Pilkades melaksanakan tanggung jawab secara profesional, transparan, berkualitas dan aman. Menurutnya siapapun kepala desa terpilih, adalah putra dan putri terbaik. “Kompetisi merupakan hal biasa dalam pesta demokrasi. Saya harapkan agar semua calon kepala desa dapat menciptakan iklim kompetisi yang sehat dan tetap menjaga tali silaturahmi, sehingga pada saat selesai pesta demokrasi, kita kembali bersatu membangun desa,” pesannya. (c/ndi)

  • Bagikan