Jaga Kualitas Proyek, Pantau Kerja Kontraktor

  • Bagikan
PANTAU KONTRAKTOR : Plt. Kadis PU dan Perhubungan Koltim, Arisman (kiri) saat meninjau dan mengawasi proses pekerjaan ruas jalan Tawarombadaka-Solewatu di Kecamatan Tinondo. (KUSDIN/KENDARI POS)
PANTAU KONTRAKTOR : Plt. Kadis PU dan Perhubungan Koltim, Arisman (kiri) saat meninjau dan mengawasi proses pekerjaan ruas jalan Tawarombadaka-Solewatu di Kecamatan Tinondo. (KUSDIN/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Intensitas pengawasan terhadap pekerjaan sejumlah proyek pemerintah di Kolaka Timur (Koltim) kian dimasifkan. Pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perhubungan sebagai instansi teknis terus memastikan jika kualitas kerja rekanan sesuai dengan spesifikasi dan kontrak. Salah satu paket yang mendapat perhatian adalah pekerjaan ruas jalan Desa Tawarombaka-Solewatu.

“Jalur Tawarombaka menuju Solewatu di Kecamatan Tinondo akan teraspal tahun ini dengan hotmix. Mudah-mudahan setelah teraspal, masyarakat dapat memobilisasi hasil pertanian mereka dengan lebih cepat,” kata Plt. Kepala Dinas PU dan Perhubungan Koltim, Arisman, Kamis (14/9).

Asisten I Setkab Koltim tersebut memastikan, semua pengawasan proyek akan terus dimaksimalkan. Menurutnya, pengawasan harus dilakukan terutama pekerjaan aspal pada semua titik. Terbaru, ia memantau langsung proses kerja kontraktor berbendera PT Sinar Bulan yang sedang mengerjakan pengaspalan ruas Tawarombadaka-Solewatu di Kecamatan Tinondo tersebut. “Untuk mendapat kualitas pekerjaan, pihak ketiga memang harus mendapat pengawasan,” tandas Arisman.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga PU dan Perhubungan Koltim, Ferry Armeinus, mengaku, pihak kontraktor baru bekerja dalam dua bulan terakhir. Sehingga progres pekerjaan masih termasuk lamban. Ferry mengungkapkan, sisa waktu yang ada harus dimaksimalkan mulai masa kontrak 6 Juli hingga tuntas dan tepat waktu pada 30 Desember 2023. Ferry merinci, nilai kontrak sebesar Rp 23 miliar lebih dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan sudah dicairkan 20 persen.

“Semoga pihak ketiga bisa lebih cepat mengerjakan pengaspalannya dengan menfaatkan waktu yang ada. Kami sudah pernah tolak material tipe B mereka. Makanya semua kontraktor bisa memperhatikan dan melaksanakan pekerjaan dengan baik. Kita akan terus awasi sesuai standar yang ada,” kata Ferry. (b/kus)

  • Bagikan