Wujudkan Pelayanan Kesehatan Prima Hingga Desa

  • Bagikan
LAYANAN PRIMA: Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (keenam dari kanan) saat menghadiri Rakor monitoring dan evaluasi pembangunan Posyandu Prima tahap I tahun anggaran 2023 yang dirangkaikan penyaluran santunan kematian, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
LAYANAN PRIMA: Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (keenam dari kanan) saat menghadiri Rakor monitoring dan evaluasi pembangunan Posyandu Prima tahap I tahun anggaran 2023 yang dirangkaikan penyaluran santunan kematian, kemarin. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) periode tahun 2021-2026 adalah, terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

Diketahui IPM Konsel terus mengalami peningkatan. Jika tahun 2016 IPM Konsel 66,97 dan menjadi 69,36 pada 2022 lalu. Indikator peningkatan IPM itu dapat diukur dari berbagai sektor, salah satunya sisi kesehatan.

Hal itulah yang kemudian menjadi komitmen Bupati, H. Surunuddin Dangga dan Wakilnya, Rasyid, untuk menjamin layanan kesehatan masyarakat di otoritanya agar terus dioptimalkan. Pihaknya bertekad mendekatkan pelayanan kesehatan yang optimal hingga ke tingkat desa. "Sejak diamanahkan memimpin daerah, kita fokus membangun sarana prasarana, termasuk fasilitas kesehatan yang memadai. Sehingga pelayanan kepada masyarakat itu menjadi prima, sampai di tingkat desa," ungkap Surunuddin Dangga, saat membuka rapat koordinasi monitoring dan evaluasi pembangunan Posyandu Prima tahap I tahun anggaran 2023, kemarin.

Sebagai pimpinan daerah sudah menjadi tugasnya memberi yang terbaik bagi masyarakat. Makanya, Surunuddin meminta semangat itu dipegang teguh oleh jajaran sampai di tingkat teknis. "Mari kita bergerak bersama-sama membangun Konsel. Kita pikirkan, bagaimana putra-putri kita yang ada di desa mulai ambil peran," pintanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel, dr. Boni Lambang Pramana, mengungkapkan, program Posyandu Prima tersebut berangkat dari kerja sama atau perencanaan semua pihak. Pada November 2022 lalu, dalam pertemuan terakhir rapat koordinasi, pihaknya beserta para camat mengusulkan program itu dibentuk pada desa masing-masing. "Hasil pertemuan ini kita sampaikan ke Kementerian Kesehatan RI dan disetujui. Insyaallah tahun ini sudah terkontrak dan akan mulai pembangunan Posyandu Prima. Tentunya dalam tahap awal kegiatan ini, kami akan melakukan koordinasi dan evaluasi terkait pelaksanaannya," jelas Boni, kemarin.

Tak hanya itu, diharapkan pembangunan Posyandu juga dilengkapi dengan pemenuhan peralatan, sarana dan prasarana kesehatan. "Kami dari Dinas Kesehatan mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan dukungan dari perencanaan dan kerja sama seluruh pihak terkait, utamanya kepada pimpinan daerah bapak bupati yang terus mendukung program ini," ungkapnya.

Untuk diketahui Rakor tersebut turut dihadiri beberapa pejabat lingkup Pemkab, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Konsel, Hamrul Ilyas, dan pihak terkait lainnya. Kegiatan itu dirangkaikan dengan penyerahan santunan kematian kepada 24 orang ahli waris dari BPJS Ketenagakerjaan dan penyerahan santunan kematian tenaga non ASN Dinas Kesehatan Konsel. (b/ndi)

  • Bagikan