Senator Hawaii Gagas Kerja Sama Lanjutan

  • Bagikan
Suasana ramah tamah yang dihelat Pemkab Wakatobi dengan Senator Hawaii Amerika Serikat, Christopher Lee yang dihadiri Bupati, H. Haliana (kiri) setelah melakukan kunjungan beberapa hari di daerah itu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Setelah berada di Kabupaten Wakatobi dalam rangka kunjungan kerja selama lima hari, Senator Hawaii, Amerika Serikat, Christopher Lee, mendapat jamuan di rumah jabatan (Rujab) bupati, H. Haliana. Dalam pertemuan tersebut, Haliana, mengaku, kunjungan Senator Hawaii di Wangi-Wangi sejak tanggal 19 hingga 23 Juni kemarin, belum lengkap untuk mendeksripsikan Kabupaten Wakatobi. Mengingat Wakatobi terdiri dari beberapa pulau, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

“Sudah pasti setiap pulau memiliki perbedaan budaya dan keunikan masing-masing yang wajib dikunjungi,” ujar Haliana, Jumat (23/6). Wakatobi-1 ini juga mengatakan, dari kunjungan kerja Senator Hawaii tersebut, pihaknya dapat bertukar informasi dan belajar dari negara bagian Amerika Serikat itu. Diantaranya, terkait isu energi, pengelolaan laut dan perikanan serta pengelolaan sampah di Hawaii.

Haliana berharap kepada Senator Hawaii, agar kedepannya bisa berkunjung kembali ke Wakatobi bersama rombongan atau keluarga dan pemerintah. Sementara itu Christopher Lee mengatakan, kunjungan ke Wakatobi dalam rangka kerja sama disektor lingkungan dan pariwisata serta mempelajari pengelolaan hukum adat di daerah itu. Ia sangat terkesan dengan kebudayaan dan keindahan bawah laut yang dimiliki Wakatobi. Tidak hanya itu, ia berharap dapat bekerja sama lebih lanjut dengan Pemkab Wakatobi khususnya dibidang energi terbarukan. (c/thy)

  • Bagikan