Monianse Imbau Kepala OPD tak Tinggalkan Kota

  • Bagikan
Suasana uji kompetensi yang digelar Pemkot Baubau, medio Maret lalu. Kini Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengisyaratkan untuk melakukan rotasi pejabat eselon II di lingkup pemerintahannya, dalam pekan ini.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan mendapat “kado” lebaran khusus pada tahun ini. Mereka yang beruntung akan mendapat promosi jabatan baru, sementara dengan hasil kinerja buruk, bisa jadi di parkir sementara oleh pimpinan.

Alarm rotasi itu disampaikan langsung Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dalam forum resmi, akhir pekan lalu. Makanya, seluruh pejabat diminta tidak keluar kota dulu pada pekan ini. Sebab akan dilakukan pelantikan. "Jangan pergi dulu dari hari Senin sampai Kamis. Tidak tahu tanggalnya berapa, harinya apa tapi yang jelas antara Senin sampai Kamis akan ada rotasi. Itu saya mohon jangan bergeser dari Baubau," ujar Monianse.

Sementara itu, Pemkot Baubau telah melaksanakan job fit terhadap pejabat tinggi pratama atau kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beberapa waktu lalu. Job fit atau uji kompetensi tersebut merupakan mekanisme yang diamanatkan peraturan perundang-undangan untuk memberikan resume objektif dan mengungkap gambaran potensi, kompetensi serta kemampuan para pejabat pimpiinan tinggi pratama. “Hasil job fit menjadi pertimbangan utama, sudah kita pilih sesuai dengan kapasitas. The right man for the right place, orang yang tepat di jabatan yang tepat,” kata Baubau-1 itu.

Monianse optimis komposisi kabinet baru itu akan memacu kinerja pemerintah dalam tugas utamanya sebagai abdi masyarakat sesuai dengan tagline Pemkot saat ini yakni “Melayani Tanpa Sekat”. “Seperti apa komposisinya, nanti pelantikan baru lebih jelas,” pungkasnya. (b/lyn)

  • Bagikan