Pj.Wali Kota Kendari Salurkan Bantuan Sembako

  • Bagikan
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (tengah), Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala (tiga dari kanan), Executive General Manager PT.Pos Indonesia Cabang Kendari, Yatri Marina (keempat dari kiri) dan Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf (dua dari kiri) bersama KPM usai penyaluran bantuan sembako, kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

Mengentaskan Kemiskinan di Kota Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Kantor Pos Indonesia menggulirkan program bantuan sosial (Bansos) sembako kepada masyarakat prasejahtera. Penyaluran bantuan bermuara pada pengentasan kemiskinan di Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, penyaluran bantuan merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat prasejahtera. Lewat bansos sembako, masyarakat diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dasar, terutama di bulan suci Ramadan 2023 ini.

"Pemberian bansos ini dalam rangka meringankan beban warga masyarakat terutama warga miskin untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Jadi poinnya untuk memenuhi kebutuhan dasar. Bukan konsumtif lainnya," ujar Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, usai menyalurkan bantuan sembako di Kantor Pos Indonesia Cabang Kendari, Rabu (29/3), kemarin.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini tak menampik jika bansos sembako belum mengakomodir seluruh warga kurang mampu di Kota Kendari. Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan pemberian bantuan melalui program lainya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bansos dari APBD, maupun dari program lainnya.

"Yang belum tercover kita upayakan mendapatkan bantuan lainnya. Perlu diketahui, triwulan I ini ada Rp14 miliar yang sedang dibagikan kepada keluarga miskin di Kota Kendari. Tentu penyalurannya tepat sasaran sesuai dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kita upayakan juga ada pendampingan dari APBD," ungkap Pj.Wali Kota, Asmawa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengungkapkan, warga kurang mampu di Kota Kendari berdasarkan data DTKS mencapai 150 jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 80 persen sudah tercatat sebagai penerima bantuan.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pj.Wali Kota Kendari, Kemensos dan PT.Pos Indonesia yang sudah mengalokasikan dan memberikan bantuan. Kami upayakan seluruh warga kurang mampu akan mendapatkan bantuan dan kami pastikan tepat sasaran," kata Rauf.

Sementara, Executive General Manager PT.Pos Indonesia Cabang Kendari, Yatri Marina mengatakan, penyaluran bantuan sembako disalurkan secara tunai. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan sebesar Rp 200 ribu/bulan. "Triwulan I dibayarkan untuk bulan Januari, Februari, dan Maret 2023. Jadi totalnya Rp600 ribu per KPM," ujar Yatri.

Ia mengimbau kepada penerima bantuan sembako untuk segera mencairkan bantuannya di Kantor Pos Indonesia Cabang Kendari. Batas waktu penyaluran bantuan hanya sampai 31 Maret 2023.

"Bantuan bagi KPM yang lansia, disabilitas, dan sakit, akan kita antarkan langsung di kediamannya. Kami upayakan semua bantuan tersalur. Jika tidak tersalur maka bantuannya akan dikembalikan ke negara," kata Yatri. (ags/b)

  • Bagikan