02=Hotel Azizah Syariah dan Kendari Pos Pererat Kemitraan

  • Bagikan
Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tengah), bersama GM Hotel Azizah Syariah Kendari, Samsul Alam (tiga dari kanan) didampingi Corporate Bisnis Development and Digital Marketing Sahid Hotel and Resort, Andi Anggraeni (tiga dari kiri) dan Vivin (dua dari kanan). Tampak Redaktur Pelaksana Kendari Pos, Hasruddin Laumara (kiri), Manajer Keuangan, Ade Randa (dua dari kiri), Manajer Sirkulasi, Resmin (kanan) usai diskusi di Graha Pena Kendari Pos, Senin (27/3), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Azizah Syariah dan Kendari Pos
--Inovasi dan Kolaborasi Meningkatkan Okupansi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Koran harian Kendari Pos dan Hotel Azizah Syariah Kendari adalah perusahaan swasta yang berorientasi pada bisnis. Hanya bidang garapan yang membedakan lini bisnis keduanya, namun punya visi yang sama memajukan perusahaan melalui inovasi. Dua lembaga berbeda itu sama-sama menggaungkan inovasi untuk memajukan perusahaan. Keduanya melebur pula dalam kolaborasi untuk meningkatkan okupansi hotel.

Jika Kendari Pos menyiasati era disrupsi dengan melahirkan konvergensi media, maka Hotel Azizah Syariah Kendari memilih inovasi dengan melakukan rebranding dengan nama Sahid Azizah Syariah Hotel dan Convention Kendari. Selain itu, Azizah Syariah membangun dan mengeratkan kemitraan dengan harian Kendari Pos sebagai bentuk inovasinya.

Hal itu terungkap dalam diskusi kunjungan silaturahmi manajemen Azizah Syariah Hotel di Graha Pena Kendari Pos, Senin (27/3), kemarin. General Manager (GM) Hotel Azizah Syariah, Samsul Alam mengatakan rencananya pada 8 Mei 2023, Hotel Azizah Syariah akan rebranding menjadi Sahid Azizah Syariah Hotel dan Convention Kendari.

"Kami juga melakukan berbagai perubahan, baik dalam hal kualitas SDM maupun pelayanan. Yang sudah baik akan terus ditingkatkan," ujarnya didampingi Corporate Bisnis Development and Digital Marketing Sahid Hotel and Resort, Andi Anggraeni.

GM Samsul Alam mengatakan pihaknya memilih Kendari Pos sebagai mitra media massa untuk meningkatkan okupansi hotel. "Kami akan kerja sama dengan Kendari Pos yang merupakan media terpercaya di Sultra. Apalagi koran Kendari Pos adalah media cetak rujukan pembaca di Sultra," ungkapnya kepada Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin.

Samsul Alam mengapresiasi terobosan Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin yang getol road show ke pemda-pemda di Sultra untuk meneguhkan engagement kemitraannya. Hal itu merupakan terobosan luar biasa.

Menurutnya, media massa termasuk Kendari Pos sangat berperan dalam meningkatkan okupansi hotel melalui lini promos fasilitas dan produk hotel.
"Itulah alasan kami memilih Kendari Pos. Sebagian besar market atau pasar kami adalah pembaca Kendari Pos. Kita ketahui, pembaca Kendari Pos adalah orang-orang ternama dan perusahaan terkenal," jelas Samsul Alam.

Kata dia, sampai saat ini Kendari Pos adalah media cetak yang konsisten menjaga kredibilitas pemberitaan. Sehingga Samsul Alam berharap jalinan kemitraan tetap terus terjaga dan lebih baik lagi ke depannya. "Kendari Pos senantiasa menyajikan pemberitaan yang aktual dan inspiratif. Bahkan menariknya, di beberapa kesempatan Kendari Pos juga senantiasa memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh hebat yang ada di Sultra," kata Samsul Alam.

Di tempat yang sama, Corporate Bisnis Development and Digital Marketing Sahid Hotel and Resort, Andi Anggraeni mengungkapkan, pengelolaan Sahid Hotel sudah dimulai sejak tahun 1994. Saat ini, sekira 24 Sahid Hotel di seluruh Indonesia. "Dan kami memiliki 1 hotel di Bukhara, Uzbekistan," ujarnya.

Andi Anggraeni menambahkan pihaknya kerap menggelar forum pertemuan dengan media massa dengan konsep intimate. "Tujuannya agar lebih mengokohkan engagement (keterikatan/kemitraan)," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan kata kunci sukses di era saat ini adalah inovasi. Begitu pula dengan manajemen hotel. Mutlak berinovasi. "Untuk meningkatkan okupansi apalagi dalam dunia perhotelan, inovasi menjadi salah satu yang harus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan hotel," ujarnya.

Direktur Irwan Zainuddin menambahkan, Kendari Pos berinovasi dengan merubah paradigma pemberitaab. Di masa lalu, Kendari Pos mengedepankan bad news is the best news, kini menjadi good news is the best news. Selain itu, Kendari Pos melahirkan inovasi berupa konvergensi media.

Terdapat 5 platform media yang menjadi kekuatan Kendari Pos dalam konvergensi media dalam menghadapi gempuran era disrupsi saat ini. 5 platform itu adalah KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID, kendarinews.com, kanal youtube Kendari Pos Channel, update news dan e-koran (koran digital). "Marketing utama kami adalah divisi redaksi sebagai lini produksi. Kalau produksinya bagus, saya yakin korannya akan dibaca karena yang diproduksi adalah keinginan publik (pembaca)," ujar Direktur Irwan Zainuddin.

Menurut Direktur Irwan, koran Kendari Pos selalu terbuka dan siap kerja sama untuk mendukung bisnis perhotelan di Kota Kendari. "Sebagai media massa harus mampu mengemas berita secara baik. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk membaca. Kami berupaya mendekatkan pembaca Kendari Pos terhadap Hotel Azizah Syariah," tutupnya. (win/b)

Inovasi dan Kolaborasi Meningkatkan Okupansi

  • Bagikan