Empat Kelurahan Dapat Pendampingan Perpusnas

  • Bagikan
Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Arniaty DK (ketiga dari kiri) mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Chomza Asmawa (paling tengah) dan perwakilan kelurahan saat berkunjung ke Perpusnas RI, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Empat kelurahan di Kota Kendari mendapatkan pendampingan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Empat kelurahan itu adalah Kasilampe, Mokoau, Abeli dan Watu-watu. Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Arniaty DK mengatakan, tahap awal pendampingan terhadap empat kelurahan dimulai dari sosialisasi serta kunjungan langsung ke Perpusnas di Jakarta. ”Tujuannyan mempelajari manajemen pengelolaan perpustakaan sehingga kedepan bisa mendukung pelayanan dasar yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan kebutuhan masyarakat,” kata Arniaty.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kendari, Sri Yusnita mengungkapkan, empat kelurahan yang masuk program TPBIS tak lepas dari kerja keras Pemkot Kendari dalam melaksanakan pembinaan terhadap perpustakaan di tingkat kelurahan. “Seharusnya hanya diporsikan tiga kelurahan, tapi berkat banyaknya kegiatan perpustakaan yang diinput dalam SIM (Sistem Informasi Manajemen) TPBIS selama ini, sehingga diberi empat Kelurahan,” ungkap Sri Yusnita.

Mantan Kepala Bapenda Kota Kendari ini memastikan empat kelurahan itu akan mendapatkan pendampingan dari Perpusnas. “Empat kelurahan akan mendapatkan bantuan peningkatan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kami harap apresiasi yang diberikan bisa menjadi motivasi bagi kelurahan lainnya untuk meningkatkan layanan perpustakaan,” pungkasnya. (ags/b)

  • Bagikan