Prodi D-IV TLM UMW Hadirkan Pakar Laboratorium

  • Bagikan

Kertgam : Suasana Kuliah Pakar yang digelar oleh Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Mandala Waluya. Dengan menghadirkan Pakar Laboratorium, Tetty Resmiaty.
  • Dalam Kuliah Pakar Bersama Mahasiswa
    Program Studi D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Mandala Waluya (UMW) mengadakan Kuliah Pakar. Moment ini mengambil tema “Pengenalan Akreditasi ISO 15189 Sebagai Persyaratan Mutu dan Kompetensi Laboratorium Medik” pada Rabu (20/7/2022).

  • Kegiatan “KuliahPakar” ini menghadirkan pembicara Tetty Resmiaty, SKM, yang merupakan Ketua Learning Centre Indonesia. Dia juga menjabat sebagai Konsultan Laboratorium klinik sekaligus Asesor ISO 15189 KAN, PanitiaTeknis ISO15189 KAN dan Asesor ISO 17043 KAN. Kegiatan ini diikuti oleh dosen- dosen dan mahasiswa-mahasiswi Program Studi D-IV TLM secara online via zoom.

  • Target kegiatan ini selain mendapatkan pengetahuan mengenai Standar Internasional ISO 15189 yang berkaitan dengan manajemen laboratorium, juga momnet dengan pembicara. "Kebetulan pada kegiatan ini diberikan sesi tanya jawab, sehingga dapat dimnafaat kan untuk sharing oleh peserta kepad apembicara," kata ketua panitia kegiatan Asni Ramayana Tina, S.ST.,M.Biomed.

  • Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sains danTeknologi, Dr.Sri Anggarini Rasyid, S.Si., M.Si, menjelaskan tentang pentingnya kegiatan kuliah pakar. "Kuliah ini kiranya dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam upaya pencapaian kompetensi. Kami harapkan dapat menjadi kegiatan yang inspiratif dan memotivasi peserta untuk menjadi Ahli Teknologi Laboratorium yang professional," terang Drs.Sri Anggarini.

  • Demikian Ketua program Studi,Titi Purnama S.Si.,M.Kes, mengatakan kuliah pakar merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh program studi. "Mengapa tema ini yang kami angkat pada pelaksanaan kali ini, karena melihat masyarakat semakin mengetahui pentingnya pemeriksaan laboratorium untuk memberikan respon cepat terhadap pencegahan maupun penanganan terjadinya penyakit. Mahasiswa Prodi TLM UMW sebagai calon Ahli Laboratorium Medik ketika mereka bekerja di Laboratorium nantinya dapat menjamin kualitas dan keabsahan hasil pemeriksaan," paparnya.

  • Menurutnya masyarakat menghendaki mutu hasil pengujian laboratorium terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan penyakit. Ahli teknologi laboratorium medis dan praktisi laboratorium lainnya harus senantiasa mengembangkan diri dalam menjawab kebutuhan masyarakat. "Yaitu akan adanya jaminan mutu terhadap hasil pengujian laboratorium dan tuntutan memberikan pelayanan yang prima," paparnya. (adv)
  • Bagikan