Kenalkan Moderasi Beragama, MTsN 1 Kendari Gelar MATSAMA

  • Bagikan
Siswa baru MTsN 1 Kendari saat mengikuti kegiatan MATSAMA, kemarin. Dalam giat ini, siswa dikenalkan tentang lingkungan sekolah hingga pentingnya moderasi beragama.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari menggelar Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari: Mulai 19 Juli sampai 21 Juli 2022. Dalam prosesnya, siswa tidak hanya dikenalkan tentang lingkungan sekolah, tapi juga pentingnya moderasi beragama.

Kepala MTsN 1 Kendari, Mappataliang, S.Pd., M.Pd., MA. mengatakan, MATSAMA bertujuan mengenalkan lingkungan madrasah: Mengenal gurunya hingga pembelajaran madrasah. Paling utama terkait pengenalan aturan dan tata tertib yang ada di MTsN 1 Kendari. "Dalam beberapa materi MATSAMA juga dikenalkan tentang pentingnya moderasi beragama kepada siswa," ujar Mappataliang, kemarin.

Di menambahkan, pengenalan MATSAMA bagi peserta didik baru sangat penting. Khususnya dalam rangka mempersiapkan mental. "Kegiatan ini sangat penting untuk melatih mental sekaligus penyesuaian dari sekolah lama. Baik itu dari MI maupun SD ke MTs. Masa taaruf ini, bagian dari pengenalan dasar sebelum masuk proses pembelajaran," jelasnya.

Wakamad Bidang Kesiswaan MTsN 1 Kendari, La Subu, S.Pd., M.Pd., menambahkan, menjelaskan, MATSAMA ini merupakan kegiatan rutin sebelum proses belajar mengajar dimulai. Ada beberapa materi kegiatan diberikan kepada siswa baru sebelum memasuki tahap pembelajaran. "Materi yang kami berikan terkait kurikulum, wawasan kebangsaan, pengenalan lingkungan dan kaitannya dengan moderasi beragama. Termasuk tata terbit yang ada di madrasah. Dengan harapan, siswa dapat saling berinteraksi satu sama lain," pungkasnya. (b/m3)

  • Bagikan