Senin Depan, Groundbreaking RSUD Tipe D

  • Bagikan
RSUD TIPE D : Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Ridwansyah Taridala meninjau kesiapan groundbreaking Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D di Puuwatu, Kamis (30/6)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan RSUD Tipe D Kota Kendari segera dimulai. Rencananya, Groundbreaking akan dilaksanakan pada Senin, 4 Juli mendatang. Kehadiran fasilitas kesehatan (faskes) baru ini diharapkan bisa meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan groundbreaking akan segera dilaksanakan mengingat batas waktu penggunaan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hanya sampai Desember tahun ini. "Insyah Allah Senin kita mulai Groundbreaking (RSUD Tipe D)," ujarnya, kemarin.

Sulkarnain tak menampik jika waktu pembangunan rumah sakit sedikit bergeser. Itu disebabkan beberapa kendala administrasi. Kendati demikian, segala kendala telah dibenahi dan pembangunan segera dimulai.
"Kami sangat berhati-hati menjalankan program ini. Kami menggandeng BPKP untuk mengawasi jalannya pembangunan. Kita pastikan pembangunan rumah sakit menggunakan dana PEN berjalan dengan baik dan sesuai prosedur," kata Sulkarnain Kadir.

Mantan Anggota DPRD Kendari ini menambahkan, RS akan dibangun dua lantai dengan konsep hijau dan modern. Dia areal rumah sakit terdapat jalan sebagai akses, area pakir, dan ruang terbuka hijau (RTH). Seluruh fasilitas dihadirkan untuk menunjang kenyamanan masyarakat yang datang berobat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini yakni kehadiran RSUD Tipe D selain untuk menambah jumlah faskes di Kendari, nantinya juga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya yang berdomisili di Kecamatan Puuwatu untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Masyarakat yang ada di Puuwatu nantinya tidak perlu pergi jauh mencari akses layanan kesehatan karena sudah ada diwilayahnya. Begitupu masyarakat Konawe dan Konawe Utara itu bisa mengakses rumah sakit tipe D ini," ungkap Sulkarnain.

Senada Sekot Kendari, Ridwansyah Taridala mengungkapkan RSUD Tipe D sudah siap dibangun. Itu menyusul kesiapan lahan yang sudah dilakukan Land Clearing serta rampungnya seluruh proses administrasi pembangunan. "Lokasinya sudah siap," singkatnya. (b/ags)

Proyek RS Tipe D
Anggaran Rp 146 Miliar
Dibiayai Pinjaman PT SMI Kemenkeu
Kapasitas 67 Ruang Rawat Inap
Lokasi Jalan Chairil Anwar Puuwatu
Khusus Pasien Covid-19 dan Virus Lainnya
Dilengkapi Peralatan Medis Modern

Infrastruktur Pendukung RS
-Pembangunan Jalan
-Area Parkir
-Ruang Terbuka Hijau (RTH)

  • Bagikan