Ciptakan Koperasi Sehat, Wujudkan Pelaku UMKM Mandiri

  • Bagikan
Agustiana Melamba

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Konsel terus mengoptimalkan pemberdayaan koperasi dan pelaku UMKM. Salah satunya, melakukan pelatihan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tentang kualitas dan legalitas produk melalui kemitraan.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Agustiana Melamba mengungkapkan, dalam rangka terciptanya
koperasi yang sehat, pihaknya mencanangkan sejumlah program kegiatan tentang pengembangan SDM pelaku koperasi di Konsel tahun ini. Misalnya, pendidikan dan latihan (Diklat) Perkoperasian serta pemberdayaan dan perlindungan koperasi.

Mantan Kabag Kerjasama ini, mengatakan, pihaknya secara intens melakukan pendataan terhadap pemberdayaan koperasi di Konsel. Disamping itu, penataanmanajemen perencanaan dan penganggaran yang berbasis kinerja serta responsif masyarakat tentang manfaat berkoperasi. “Dengan harapan bisa mendorong terciptanya koperasi yang sehat di lingkup Pemkab Konsel,” katanya.

Sementara di sektor UMKM, pihaknya melaksanakan kegiatan penyediaan sarana pendukung usaha bagi pelaku Usaha Mikro di Konsel.

Menurut dia, UMKM merupakan salah satu sektor potensial yang sangat krusial dan strategis dalam konteks pembangunan perekonomian daerah.

Oleh karenya, kedepan pihaknya berencana mengajak para pelaku UMKM melakukan studi banding ke daerah-daerah yang UMKM nya lebih berkembang dan maju.

“Tujuannya agar mereka belajar sekaligus mengadopsi dari daerah-daerah yang telah berhasil dalam pengembangan, pemberdayaan dan perlindungan produk UMKM,” terangnya.

Untuk mewujudkan pelaku UMKM yang mandiri dan maju, harus ada dukungan kemitraan Pemkab maupun sektor atau lembaga industri dari luar dapat berkolaborasi guna menunjang percepatan peningkatan pelaku UMKM.

“Sehingga dapat meningkatan inovasi dan persaingan dalam menghasilkan, memperkenalkan maupun memasarkan produk-produk ekonomi, yang kesemuanya akan bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM itu sendiri,” tambahnya. (kam/adv)

  • Bagikan