IAIN Kendari Siapkan 50 Persen Kuota Maba

  • Bagikan

--Jalur UM-PTKIN 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kini telah membuka seleksi pendaftaran calon mahasiswa baru (Camaba) jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) sejak 17 April hingga 15 Juni 2024 mendatang. Pada jalur ini, kampus Islam terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini menyiapkan kurang lebih 50 persen kuota.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Kendari, Jumarddin La Fua mengatakan, tahun ini IAIN Kendari menyediakan kuota sekira 2.000 kuota. Terdapat tiga jalur pendaftaran yang akan dibuka oleh IAIN Kendari. Jalur pendaftaran pertama yang akan dibuka adalah jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang telah dibuka pada 12 Februari hingga 5 Maret 2024 lalu.

"Seleksi ini ditujukan kepada siswasiswi yang ingin masuk via jalur prestasi dengan beberapa indikator seperti nilai rapor dan prestasi akademik maupun non-akademik yang mereka telah raih," ungkapnya.

Setelah jalur SPAN-PTKIN, IAIN Kendari saat ini telah membuka jalur pendaftaran UM-PTKIN. Jalur ini telah dimulai sejak 17 April hingga 15 Juni 2024 mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba UMPTKIN 21 hingga 22 Juni dan ujian akan dilaksanakan pada 24, 27, 29 dan 30 Juni yang terakhir pengumuman itu dijadwalkan 08 Juli 2024. "Jalur ketiga yang akan kami buka adalah, jalur Ujian Masuk Lokal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UML-PTKIN) yang saat ini sedang kami jadwalkan," katanya.

Jumarddin menambahkan, bahwa dalam jalur UM-PTKIN IAIN Kendari akan menerima sebanyak 50 persen kuota. "Yang kita terima itu pada jalur ini 50 persen. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar dan kuota kita terpenuhi sesuai dengan harapan kita. Kemudian bagi Camaba yang belum tercover dalam jalur sebelum diharapkan agar kembali melakukan pendaftaran pada jalur UMPTKIN ini," tandasnya. (win/b)

  • Bagikan