Unsultra Kampus Seksi Miliki Berbagai Keunggulan

  • Bagikan
Mahasiswa berada di Pelataran Gedung Rektor UNSULTRA. (UNSULTRA FOR KENDARI POS)
Mahasiswa berada di Pelataran Gedung Rektor UNSULTRA. (UNSULTRA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) tersebut berkembang pesat, dibuktikan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki. Kampus dengan slogan Santun dan Beretika, Elok dan Nyaman, Kreatif dan Inovasi, Sejahtera dan Harmonis, Idaman dan Berdaya Saing (SEKSI) itu juga tengah melakukan penerimaan mahasiswa baru (Camaba) gelombang pertama sejak 1 Februari - 20 Mei 2024. Sementara untuk gelombang II pada 21 Mei - 21 Agustus 2024 mendatang.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa Unsultra memiliki program pendukung, diantaranya internasional learning experience, magang, student exchange, wirausaha, public speaking, bahasa asing, dan literasi digital serta lainnya.

“Unsultra saat ini telah memiliki gedung yang representatif, mulai laboratorium bahasa dan komputer, laboratorium, perpustakaan, internasional hub, sarana olahraga dan seni, masjid, asrama mahasiswa, gazebo dan taman, smart teaching, Unsultra press, jurnal online terindeks, siakad, free Wifi, tenaga pengajar yang handal mulai dari guru besar, doktor, magister, serta dosen tamu dari yang berasal dari luar negeri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa Unsultra saat ini memiliki 6 fakultas dan memiliki 2 program. Adakah, Fakultas Teknik (FT), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Program Pascasarjana, dan Program Kerjasama S3 dengan Universitas Hasanuddin(Unhas). Dan Unsultra kampus merah maron ini menyediakan kelas sore atau fleksibel.

“Kita Unsultra didukung dengan kuliah jarak jauh atau online (Zoom, Google Meet, Spada, Lark, dan lainnya). Ditambah implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 20 Sistem Kredit Semester (SKS) di luar Program Studi (Prodi) dan 40 SKS di luar kampus,” jelasnya.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Top 50 berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) 2022 itu juga membekali keterampilan khusus kepada mahasiswanya serta bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang berprestasi bebas tes akademik, minat dan bakat. “Untuk pendaftaran online di www.unsultra.ac.id,www.pmb.un-sultra.ac.id. Sedangkan pendaftaran offline, setiap hari jam kerja di kampus Unsultra,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa keunggulan Unsultra antara lain mempunyai mitra kerjasama mulai dari Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, Stakeholder terkait baik itu luar maupun dalam negeri. “Selain itu, Unsultra juga mempunyai sumber beasiswa yang dapat membantu anak yang mempunyai prestasi namun tidak mampu berkuliah. Sumber beasiswa antara lain Cerdas Sultraku, Gembira Cerdas, Bidikmisi Gembira Cerdas, Bidik Siswa Potensi, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Pemerintah Daerah, Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan masih banyak lagi,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan