Bupati Koltim Realisasikan Program Umrah Gratis

  • Bagikan
RANGKUL: Bupati Koltim, Abdul Azis (tengah) bersama salah satu jemaah umrah gratis dan keluarganya. Tak ada sekat. Abdul Azis memang sangat dekat dengan rakyatnya.

--Prioritas Imam Desa, Lurah dan Tokoh Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis memenuhi janjinya kepada masyarakat Koltim. Dia merealisasikan program umrah gratis. Program ini diprioritaskan bagi imam masjid dan tokoh masyarakat di Wonua Sorume.

Puluhan imam masjid dan tokoh masyarakat sudah dilepas secara resmi, baru-baru ini. Mereka tinggal menunggu waktu untuk diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah.

Bupati Koltim, Abdul Azis mengatakan, umrah gratis kepada imam desa, tokoh masyarakat dan lurah sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah. Sekaligus bentuk pembinaan kemasyarakatan berbasis Islami.

"Kita berharap, sepulang mereka dari umrah, bisa membina umat lebih baik lagi," ujar Abdul Azis kepada Kendari Pos, kemarin.

Menurutnya, umrah merupakan perjalanan spiritual untuk meningkatkan iman dan ketakwaan seorang. Selain itu, Pemkab memberikan bantuan umrah sebagi bentuk pembinaan umat dalam rangka memakmurkan umat.

"Alhamdulillah, kita sudah lepas 20 imam masjid untuk melakukan umrah. Mudah-mudahan dalam menjalankan ibadah di Makkah, diberikan kesehatan. Tidak ada hambatan dalam perjalanan dan semoga kembali ke tanah air menjadi jemaah yang mabrur. Saya minta doakan daerah ini, supaya jauh lebih makmur," harapnya.

Lebih jauh Abdul Azis menjelaskan, bantuan umrah merupakan upaya pemerintah meningkatkan pembinaan umat yang lebih baik ke depannya. Terkhusus imam masjid di kecamatan dan kelurahan. Harapannya, jika imam masjid telah umrah maka kualitas iman dan takwah mereka lebih meningkat.

“Mudah-mudahan bantuan pemerintah memberikan umrah kepada imam masjid, bisa meningkatkan pembangunan religi umat Islam di Kolaka Timur. Peran imam masjid sangat besar untuk menghidupkan agama dan salat lima waktu,” jelasnya.

Secara terpisah, Kabag Kesra Koltim, Ayi Wahyudin mengaku, 20 imam masjid berasal dari imam masjid kecamatan dan kelurahan yang tercatat di Kesra Koltim. Menurutnya, memberikan bantuan umrah, khususnya kepada imam masjid sebagai bagian program pembinaan umat Pemkab Koltim.

“Insya Allah, umrah bagi imam masjid tersebut akan diberangkatkan tahun ini. Mudah-mudahan setelah mereka menyelesaikan umrah pembinaan umat semakin meningkat,” imbuhnya. (b/kus

  • Bagikan